Durian, Si Raja Buah yang Kaya Manfaat

GoDok – Meskipun terkenal sebagai buah dengan bau yang menyengat, tetap saja banyak orang yang gemar mengonsumsi si raja buah ini. Durian yang termasuk buah asli daratan Asia Tenggara ini memang sudah terkenal kelezatannya. Tapi, tahukah Anda, bahwa di balik daging kuningnya, durian menyimpan seribu manfaat bagi tubuh? Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Ternyata, durian merupakan solusi bahan pangan yang dapat dikonsumsi ketika tubuh terasa lelah. Ini dikarenakan kandungan fruktosa dan sukrosanya berkhasiat mengembalikan energi tubuh dengan cepat. Selain itu, senyawa potassium di dalamnya berperan sebagai penghilang rasa lelah.

2. Tingginya serat pada buah durian terbukti mampumelancarkan sistem pencernaan dengan merangsang gerakan peristaltik usus, mensekeresi cairan lambung, serta melindungi mukosa usus dari infeksi bakteri dan racun pemicu kanker.

3. Kandungan asam folat dan vitamin B9 pada buah durian berperan sebagai katalisator proses pembentukan sel  darah merahyang baik bagi penderita anemia.

4. Ingin memiliki kulit yang awet muda dan terhindar dari kerutan? Konsumsi rutin buah durian merupakan solusinya, karena kandungan vitamin C dan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas dan menghambat proses penuaan pada kulit.

(Baca: Ingin Terlihat Awet Muda? Lakukan 4 Hal Sederhana Ini!)

5.  Tingginya kandungan kalsium pada si raja buah dapat memperbaiki serta menjaga kesehatan tulang serta gigi.

6. Kepercayaan bahwa konsumsi durian dapat memperburuk kolesterol tubuh ternyata salah besar. Selama dikonsumsi dalam porsi yang cukup, kandungan lemak tidak jenuh di dalamnya justru dapat menyehatkan jantung serta menurunkan kadar kolestrol jahat.

7. Selain baik bagi kesehatan tulang dan gigi, kandungan kalium pada durian juga ternyata dapat membantu optimalisasi fungsi otak. Hal ini didukung oleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai pelajaran siswa meningkat ketika durian dimasukkan ke dalam menu sarapan mereka.

8. Senyawa flavonoid dalam durian ternyata mampu meregenerasi sel kulit mati sehingga kelembapan serta kekencangannya terjaga.

Leave a Reply