Dispareunia; Rasa Sakit pada Vagina Saat Berhubungan Seksual!

dispareunia

Dispareunia merupakan sebuah kondisi dimana individu merasakan rasa sakit yang teramat sangat dan secara berulang pada bagian kewanitaan. Rasa sakit tersebut muncul ketika berhubungan badan, terutama ketika terjadi penetrasi.

Go Dok- Apakah Anda kerap merasakan sakit luar biasa pada bagian kewanitaan? Rasa sakit  terjadi sebelum, saat, atau setelah berhubungan seksual—disebut dengan dispareunia. Kondisi tersebut tentu mengganggu aktivitas di ranjang bersama pasangan. Lantas, bagaimana cara menanganinya?

Simak paparan mengenai dispareunia melalui penjelasan berikut ini!

Dispareunia merupakan sebuah kondisi dimana individu merasakan rasa sakit yang teramat sangat dan secara berulang pada bagian kewanitaan. Rasa sakit tersebut muncul ketika berhubungan badan, terutama ketika terjadi penetrasi. Selain itu, terdapat beberapa gejala lain, seperti rasa sakit hebat pada saat awal penetrasi, memasang tampon, berjam-jam setelah melakukan aktivitas seksual. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rasa sakit tersebut muncul saat awal penetrasi, seperti:

1. Luka atau iritasi

Pernahkah Anda mengalami kecelakaan atau terjatuh saat kecil? Apakah kejadian tersebut melukai bagian kewanitaan Anda? Bisa jadi, Anda memang memiliki luka di bagian kewanitaan yang disebabkan oleh kecelakaan, operasi pinggul, atau setelah melahirkan. Sehingga rasa sakit tersebut terasa pada saat bercinta.

2. Kurangnya lubrikasi

Coba Anda ingat-ingat lagi, apakah Anda dan pasangan sudah melakukan foreplay sebelum bercinta? Biasanya, rasa sakit pada vagina tersebut disebabkan kurangnya pelumas alami dari kewanitaan Anda yang dihasilkan pada saat foreplay. Sehingga, penetrasi yang seharusnya berlangsung mulus justru menjadi menyakitkan.

Kurangnya lubrikasi pada kewanitaan wanita juga disebabkan oleh hal lain, seperti kurangnya hormon estrogen pada wanita yang menjelang masa menopause dan pengaruh dari pengobatan (antidepresan, antihistamin, pil KB).

3. Mengalami vaginismus

Pernahkan rasa sakit tersebut muncul secara mendadak? Bisa jadi Anda mengalami  vaginismus, yaitu rasa sakit tersebut juga timbul ketika terjadi ketegangan pada dinding rahim  secara tiba-tiba.

4. Peradangan atau infeksi kulit

Dispareunia bisa jadi disebabkan karena eczema atau penyakit kulit lainnya di sekitar kewanitaan yang menimbulkan rasa perih.

5. Kondisi abnormal sejak lahir

Kondisi bawaan sejak lahir yang menyebabkan bentuk vagina menjadi cacat dapat menimbulkan rasa sakit saat melakukan penetrasi. Pasalnya, vagina tidak dapat berkembang dan berbentuk sempurna.

Berbeda lagi jika Anda merasakan sakit pada saat melakukan penetrasi yang dalam. Biasanya, rasa sakit bagian dalam tersebut merupakan gejala dari beberapa penyakit dan suatu kondisi yang menyerang organ vital. Tidak menutup kemungkinan juga, hal ini terjadi pada Anda yang pernah menjalani operasi atau tindakan medis pada bagian genital atau pinggul.

Tahukah Anda, ternyata dispareunia juga dapat disebabkan oleh faktor emosional Anda pada saat bercinta? Perasaan seperti cemas, depresi, atau tidak percaya diri di hadapan pasangan juga dapat menurunkan gairah seksual dan menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman.

Apa yang bisa dilakukan jika dispareunia tersebut menyerang? Anda bisa segera menghubungi dokter untuk melakukan wawancara medis dan pemeriksaan fisik. Jangan malu-malu untuk terbuka mengenai aktivitas seksual Anda untuk diagnosis yang lebih baik. Anda tentu tidak ingin kegiatan bercinta dengan pasangan Anda terganggu karena kondisi ini bukan?

Itu tadi penjelasan mengenai rasa sakit pada vagina yang disebabkan oleh dispareunia. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Diskusikan permasalahan kesehatan seputar seks Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone, GRATIS! Download aplikasinya di sini.

NA/PJ/MA

Referensi