Diet Saat Menyusui, Amankah? Ini Jawabannya!

diet saat menyusui

Go Dok- Diet saat menyusui- Anda baru saja menjadi seorang ibu? Selamat! Nah, bersama dengan lahirnya si buah hati, datang pula kewajiban untuk menyusuinya selama setidaknya 6 bulan ke depan. Fase menyusui merupakan sebuah babak yang mengharuskan Anda lebih memperhatikan kesehatan tubuh guna memperlancar keluarnya ASI sekaligus menjaga kualitasnya bagi si kecil. Namun, tentu banyak dari Anda yang merasa terlalu gemuk setelah melahirkan, dan ingin cepat kembali ke berat badan normal sebelumnya. Eits, jangan terburu-buru! Sebab, diet saat menyusui sangat tidak disarankan bagi Anda yang tengah menyusui. Mengapa? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Perlukah menurunkan berat badan setelah melahirkan?

Dr. Debra Krummel, PhD, RD., seorang profesor dari Departmen of Nutrition, University of Cincinnati, menyatakan bahwa sangat penting bagi Anda untuk segera menghilangkan berat badan berlebih. Sebab jika tidak, Anda bisa saja terjebak dalam obesitas pada 15 hingga 20 tahun kemudian. Namun, meskipun hal ini penting, Anda tidak disarankan untuk terburu-buru melakukannya dengan mengandalkan diet ketat dan olahraga berlebihan. Sebaliknya, Anda harus sabar, karena diet saat menyusui yang ketat bisa berbahaya bagi Anda.

Mengapa tidak disarankan diet saat menyusui?

Saat menyusui, tubuh Anda bekerja lebih keras dalam memproduksi ASI dan karenanya memerlukan kalori yang lebih banyak dari biasanya (500 kalori lebih banyak). Sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk makan dengan sehat dan seimbang selama menyusui. Selain itu, ASI merupakan asupan yang sangat penting pada 6 bulan pertma kehidupan bayi Anda karena kadar nutrisi, vitamin, dan protein tinggi yang terkandung di dalamnya. Untuk menjaga kualitas ini, Anda pun memerlukan asupan nutrisi yang tak kalah banyak. Intinya, Anda harus tetap sehat, makan dalam jumlah kalori dan nutrisi yang seimbang, agar tidak kehabisan energi dan menurunkan kualitas ASI. Karena alasan inilah, maka diet saat menyusui tidak disarankan oleh kebanyakan praktisi medis.

Meskipun Anda segera ingin mengenyahkan berat badan berlebih, namun ada baiknya untuk sabar dan menunggu. Pasalnya, pada 3 bulan pertama menyusui, adalah hal yang normal jika Anda tidak mengalami penurunan berat badan sama sekali. Justru, hal ini normal dan berarti tubuh Anda mencukupi asupan kalori yang dibutuhkan untuk menyusui.

Lalu, apa yang bisa dilakukan selain diet saat menyusui, agar Anda tidak obesitas?

Selain diet menyusui, Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk membantu mencegah obesitas di kemudian hari setelah melahirkan.

  • Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang

Jangan takut untuk mengemil ataupun makan banyak saat tengah menyusui, selama konsumsi Anda sehat dan seimbang. Anda bisa menyiapkan biskuit gandum, potongan apel atau buah lainnya, atau sereal untuk mengisi kelaparan yang wajar menyerang setelah melahirkan. Untuk makan besar, pilihlah makanan yang kaya akan nutrisi dan kalori, namun rendah lemak. Makanan-makanan ini antara lain adalah ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, daging, roti, sayuran, buah-buahan, yoghurt, nasi, telur, dan kacang polong. Anda tidak akan memerlukan diet saat menyusui jika protein, nutrisi, dan lemak di dalam tubuh seimbang dari asupannya. Justru, cara ini dapat membantu penurunan berat badan perlahan.

  • Jangan sampai dehidrasi

Tetaplah terhidrasi saat menyusui, dengan meminum beberapa gelas air dalam sehari. Hal ini dapat menjaga Anda agar tidak makan terlalu banyak, dan beberapa penelitian terbaru menemukan bahwa air dapat mempercepat metabolisme tubuh Anda.

  • Banyaklah bergerak

Mungkin dalam seminggu pertama Anda tak perlu terlalu banyak bergerak. Namun, penting bagi Anda untuk tidak duduk saja di tempat tidur pada minggu-minggu selanjutnya. Pasalnya, ini bisa membantu proses penurunan berat badan Anda tanpa harus diet saat menyusui. Berlatihlah aerobik ringan, lakukan pemanasan ringan, serta jogging ringan secara rutin, selama 20 – 30 menit seharinya.

  • Jangan kurang tidur

Mungkin akan sulit untuk mendapatkan tidur berkualitas selama 8 jam setiap harinya ketika Anda memiliki bayi. Namun, usahakanlah agar Anda tidur dengan cukup. Tidurlah saat bayi Anda tidur, dan usahakan untuk tidur siang meskipun pendek-pendek. Hal ini akan membantu Anda agar tidak terlalu stres dan menyingkirkan berat badan berlebih.

Nah, itu dia serba-serbi diet saat menyusui yang harus Anda tahu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi