Diet Mediterania untuk Dapatkan Tubuh Ideal

Gambar makanan yang dikonsumsi ala diet mediterania

Diet Mediterania ini adalah pola makan hidup sehat yang menggabungkan kebiasaan tradisional orang-orang dari negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania, termasuk Italia, Prancis, Yunani dan Spanyol.

GoDok- Memiliki tubuh yang ramping memang sudah tentu menjadi idaman setiap orang, termasuk Anda. Bingung memilih program diet yang tepat sebagai upaya merampingkan tubuh Anda? Yuk, coba simak informasi mengenai diet mediterania ini:

Apa itu diet Mediterania?

Diet Mediterania? Baru dengar, ya? Apa sih itu? Bagaimana caranya? Ya, pasti Anda penasaran bukan, bagaimana bisa ada yang namanya diet ala Mediterania? Nah, diet Mediterania ini adalah pola makan hidup sehat yang menggabungkan kebiasaan tradisional orang-orang dari negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania, termasuk Italia, Prancis, Yunani dan Spanyol. Pada awalnya, diet ini merupakan pola makan umum dari orang-orang di negara Italia Selatan dan Yunani yang menjadi global pada awal tahun 1960. Datang dari masyarakat beradab yang sangat awas terhadap masyarakat kesehatan, diet ini dipercaya efektif dalam menurunkan berat badan. Tak hanya itu, makanan-makanan yang menjadi menu diet ini tentunya memiliki khasiat yang dapat membantu Anda dalam menjaga kestabilan dan kesehatan tubuh Anda, lho!

Manfaat diet Mediterania

Manfaat dari diet Mediterania sendiri itu apa sih selain untuk mengurangi berat badan? Ya, diet Mediterania yang mengutamakan memakan makanan sehat, memiliki manfaat yang sangat baik untuk menghindari penyakit jantung dan stroke, lho! Buktinya, sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa orang yang mengikuti diet ini memiliki risiko 30% lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke. Selain itu, diet Mediterania dapat pula mengurangi insiden penyakit kanker, parkinson dan penyakit alzheimer. Wanita yang melakukan diet Mediterania dengan penambahan extra minyak zaitun dan campuran kacang secara teratur, memiliki penurunan risiko kanker payudara. Ditambah lagi, rutin menjalankan diet ini juga dapat menurunkan kadar LDL -atau kolesterol jahat- di dalam tubuh Anda. Nah, bermanfaat sekali, bukan? Kalau begitu, memangnya apa saja sih menu yang termasuk dalam diet hebat ini? Dan bagaimana cara menjalankannya?

Bagaimana pola diet Mediterania?

Nah, karena tadi Anda sudah mengenal apa itu diet Mediterania dan telah mengetahui apa saja manfaatnya, sekarang waktunya Anda mempraktikkan diet ini demi menjaga kesehatan! Anda tertarik? Yuk, langsung saja simak tips dan triknya  di bawah ini!

  1. Mengonsumsi makanan yang berbasis tanaman, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan
  2. Selain itu, konsumsi juga roti, gandum atau sereal gandum
  3. Mengganti mentega dan minyak goreng Anda dengan lemak sehat,  seperti minyak zaitun dan minyak canola
  4. Menggunakan bumbu dan rempah-rempah untuk menambah rasa makanan, alih-alih menggunakangaram
  5. Membatasi konsumsi daging merah, dan usahakan tidak memakannya lebih dari beberapa kali dalam sebulan
  6. Mengonsumsi ikan setidaknya 2 kali seminggu, pilihan yang dapat Anda coba termasuk ikan haring, salmon, tuna, teri, makarel, dan sardin.
  7. Mengurangi konsumsi telur hingga 4 kali seminggu
  8. Mengonsumsi anggur merah sesuai pilihan Anda secara teratur
  9. Tidak boleh mengonsumi alkohol dan rokok
  10. Melakukan olahraga demi memaksimalkan kesehatan Anda
  11. Hindari mengonsumsi terlalu banyak gula

 

Nah, sekarang Anda telah mengenali pola diet baru ala Mediterania yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda! Tidak ada salahnya bukan untuk dicoba? Raih dan gapailah hidup sehat Anda! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar diet? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tipsnya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

Comments are closed.