Diet Ampuh dengan Praktikkan 7 Cara Ini

diet ampuh
Diet ampuh ternyata tidak melulu susah, lho! Buktinya, Anda bisa mendapatkan tubuh ideal dalam waktu cepat dengan 7 cara ini!

GoDokDiet Ampuh – Apakah Anda sedang berniat menurunkan berat badan demi memiliki tubuh yang ideal? Jika iya, jangan sembarangan! Karena jika dilakukan secara serampangan, diet malah akan merusak kesehatan dan mengganggu fungsi serta kerja organ tubuh. Berikut Go Dok paparkan beberapa tips diet ampuh yang tidak hanya sehat, namun juga efektif dalam mengurangi jumah lemak di dalam tubuh:

 1. Banyak minum air putih

Salah satu godaan terbesar ketika menjalankan diet adalah menepis keinginan untuk ngemil. Nah, salah satu cara sehat dan ampuh demi menanggulanginya adalah dengan memenuhi kebutuhan air Anda. Bagaimana caranya? Mudah, lho! Cukup dengan meminum air putih, minimal 8 gelas per hari, tubuh otomatis akan terhidrasi sehingga organ dan sel di dalamnya dapat bekerja dengan optimal. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk ngemil pun akan hilang. Cucok, kan?

(Baca: Sudah Cukupkah Konsumsi Air Anda Hari Ini?)

2. Mengonsumsi bahan pangan pembakar lemak

Tahukah Anda, bahwa ternyata ada beberapa bahan pangan yang jika dikonsumsi dapat mempercepat proses pembakaran lemak? Berikut daftar lengkapnya :

  • Buah berryBeberapa jenis berry, seperti blueberry, raspberry, dan strawberry, terbukti kaya akan kandungan flavonoidyang baik untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, vitamin C di dalamnya pun dipercaya banyak ahli ampuh dalam membakar lemak berlebih di dalam tubuh.
  • Perlu bahan pangan yang kaya akan protein namun berkalori rendah? Maka, telur bisa menjadi pilihan ideal Anda. Masak telur dengan cara direbus, bukan digoreng. Alasannya, karena menambahkan minyak saat memasak telur justru akan menambah asupan lemak serta kolesterol jahat.
  • Jarang yang tahu bahwa rutin mengonsumsi yoghurt setiap hari dapat menurunkan kadar lemak perut hingga 81%. Nah, demi mendapatkan hasil yang optimal, pilihlah yoghurt yang tidak mengandung pewarna serta pemanis buatan.

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

3. Mengganti karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh mereka yang sedang menjalankan diet adalah menghindari asupan karbohidrat sama sekali. Padahal, langkah ini justru akan membuat tubuh kelaparan sehingga Anda justru akan makan dalam jumlah yang besar. Solusinya, gantilah asupan karbohidrat biasa dengan bahan pangan berkarbohidrat kompleks, seperti beras merah, gandum, sereal, dan kacang-kacangan. Selain tinggi akan serat, karbohidrat dalam bahan pangan tersebut juga sulit diserap oleh tubuh sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

(Baca: Daftar Makanan Penunda Lapar)

4. Sering makan dalam porsi kecil

Walaupun terdengar janggal, namun memang banyak penelitian yang mengemukakan bahwa makan dalam porsi yang kecil selang beberapa jam dalam sehari justru dapat mempercepat proses metabolisme tubuh. Artinya, asupan kalori yang didapatkan tidak akan diubah menjadi lemak, namun akan digunakan sebagai sumber tenaga untuk beraktivitas seharian. Hasilnya? Tanpa lemak, tubuh Anda akan terjaga tetap singset. Mau?

 5. Rutin mengonsumsi makanan berserat tinggi

Ingin berat badan turun dalam waktu singkat? Maka, perbanyaklah asupan serat harian Anda. Sebab,  selain dapat memperlancar sistem pencernaan, asupan serat dari buah serta sayur –semisal pisang, pepaya, bayam, lobak, serta kubis- juga dapat mengikat lemak serta kolesterol berlebih untuk kemudian dibuang dari dalam tubuh. Hebat, bukan?

6. Meningkatkan waktu olahraga

Sudah menjadi rahasia umum bahwa demi mendapatkan tubuh yang ideal, Anda diharuskan berolahraga secara rutin setiap hari. Eits, jangan salah! Jika sedang menjalani program diet, Anda diharuskan untuk menambah waktu berolahraga, minimal 10 menit, lho! Jadi, jika biasanya joggingpagi hanya menghabiskan waktu 20 menit, maka mulai sekarang Anda diharuskan untuk berlari kecil minimal 30 menit setiap harinya.

 7. Selalu mengontrol berat badan anda

Walaupun terkesan merepotkan, namun langkah ini dianggap ampuh untuk mengevaluasi diet yang Anda lakukan. Karenanya, rutinlah menimbang berat badan setidaknya sekali dalam seminggu. Jika ingin mendapatkan gambaran yang lebih lengkap, Anda juga bisa menjalani tes body composition demi mengetahui massa lemak serta otot dalam tubuh.

Itu tadi 7 tips diet efektif yang dapat Anda coba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Comments are closed.