Di Sini Anda Bisa Mengetahui 8 Penyebab Efusi Pleura

Penyebab efusi pleura

Go Dok- Penyebab efusi pleura- Mungkin Anda masih kurang akrab dengan istilah ‘efusi pleura’. Padahal, penyakit yang dipicu oleh terjadinya penumpukan cairan di antara lapisan pleura (selaput tipis yang memisahkan paru-paru dengan dinding dada bagian dalam) ini seringkali membuat penderitanya mengeluhkan nyeri saat menarik napas, sesak, batuk, dan demam.

Yuk, kenali 8 penyebab efusi pleura lewat penjelasan di bawah!

 1. Sirosis hati

Penyebab efusi pleura yang pertama adalah sirosis hati. Singkatnya, sirosis hati mengacu pada kondisi di mana jaringan sehat di organ hati diganti oleh jaringan parut. Dampaknya, aliran darah yang melewati organ ini akan terhambat sehingga fungsi hati menjadi menurun, atau bahkan berhenti sama sekali. Banyak hal yang dapat memicu sirosis hati, di antaranya adalah infeksi virus hepatitis dan kebiasaan mengonsumsi miras.

2. TBC

Siapa yang tidak mengenal TBC? TBC yang merupakan kependekan dari tuberkolosis merupakan penyakit yang menimpa organ paru-paru dan dipicu oleh infeksi basil Mycobacterium tuberculosis. Nyatanya, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan seseorang lebih rentan tekena TBC, seperti kebiasaan merokok, mengonsumsi narkoba, hingga riwayat penyakit lain (HIV/AIDS, diabetes, dll).

3. Kanker paru-paru

Dari sekian banyak jenis kanker, riwayat kanker paru-paru ternyata dapat menyebabkan seseorang terkena efusi pleura juga. Biasanya, terdapat beberapa gejala umum yang menandai kanker paru-paru, mulai dari batuk darah, sesak, dan penurunan berat badan yang drastis.

4. Pneumonia

Seberapa dalam Anda mengenal pneumonia? Sejatinya, penyakit ini dipicu oleh meradangnya kantong-kantong udara di satu atau kedua belah paru-paru karena terinfeksi bakteri Streptococcus pneumoniae.

5. Emboli paru

Penyebab efusi pleura yang selanjutnya adalah emboli paru. Anda dapat memahami penyakit ini sebagai kondisi medis di mana arteri pulmonalis (pembuluh darah yang bertugas untuk membawa darah dari jantung ke paru-paru) tersumbat. Akibatnya, penderita akan menunjukkan beberapa gejala, seperti batuk, sesak, dan sakit di bagian dada.

6. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid Arthritis –atau yang dikenal luas oleh masyarakat dengan istilah rematik- merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan persendian dalam tubuh mengalami peradangan. Siapa sangka, ya, kalau rematik ternyata turut meningkatkan risiko Anda terkena efusi pleura!

7. Lupus

Serupa dengan rematik, lupus merupakan peradangan kronis yang dipicu oleh kekeliruan cara kerja sistem imun. Selain mengancam jiwa penderitanya, lupus juga terbukti dapat memicu timbulnya penyakit lain -efusi pleura salah satunya.

8. Penyakit ginjal parah

Penyebab efusi pleura yang terakhir adalah penyakit ginjal parah. Biasanya, penyakit ini mudah menjangkiti mereka yang tengah menderita penyakit ginjal stadium lanjut dan akhir. Dalam kondisi ini, tidak ada jalan lain selain terus mengoordinasikan kesehatan Anda dengan dokter.

Itu tadi 8 penyebab efusi pleura yang harus Anda waspadai dan ketahui. Semoga bermanfaat!

Segera Tanya Dokter apabila kesehatan Anda terganggu. Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk Tanya Jawab bersama Tim Dokter Go Dok seputar permasalahan kesehatan Anda. GRATIS!