Di Sini, Anda Bisa Kenali dan Hindari 7 Pantangan Anemia

pantangan anemia

GoDok- Pantangan anemia– Anda termasuk individu dengan segudang kegiatan? Hati-hati! Sebab kesibukan sehari-hari dapat membuat tubuh rentan terkena berbagai macam penyakit, termasuk anemia. Nah, khusus bagi Anda yang terbukti menderita penyakit yang satu ini, Go Dok kini hadir dengan penjelasan lengkap mengenai apa saja pantangan anemia yang harus dihindari.

Pensaran? Simak jabaran lengkap seputar pantangan anemia berikut ini!

1. Gorengan

Pantangan anemia yang pertama adalah gorengan. Siapa sih yang tidak mengenal panganan yang satu ini? Selain dikenal murah, gorengan juga digemari banyak orang karena rasanya yang gurih dan lezat. Namun, tahukah Anda bahwa di balik kelezatannya, ternyata gorengan mengandung bahaya -terutama bagi para penderita anemia? Ya, karena diproses dengan cara digoreng (deep fried), makanan yang satu ini terbukti dapat memicu terhambatnya aliran darah, menurunkan kualitas keping darah merah, hingga meningkatkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Mengerikan, bukan?

2. Mi instan

Ternyata, tingginya kandungan zat pengawet dan perasa buatan dalam mi instan membuat makanan yang satu ini pantang dikonsumsi oleh penderita anemia. Selain rendah gizi dan serat, kebiasaan memakan mi instan juga terbukti dapat menghambat proses pengikatan nutrisi dalam tubuh. Inilah yang akhirnya membuat anemia Anda bertambah parah. Yakin masih mau makan mi instan?

3. Makanan bercita rasa masam

Selain meningkatkan risiko kambuhnya penyakit maag, konsumsi makanan bercita rasa masam -seperti cuka, nanas, mangga muda, dll- terbukti dapat menurunkan nafsu makan. Jika hal ini dibiarkan terus belanjut, maka tubuh akan kekurangan asupan zat besi yang notabene merupakan salah satu zat penting dalam pembentukan sel darah merah yang sehat.

4. Minuman beralkohol

Pantangan anemia yang selanjutnya adalah minuman beralkohol. Nyatanya, asupan alkohol berlebih terbukti tidak hanya dapat menurunkan jumlah sel darah merah yang sehat, namun juga turut memicu penyumbatan aliran darah ke otak.

5. Minuman bersoda

Siapa sih yang tidak menyenangi minuman bersoda? Selain mampu menghilangkan dahaga, minuman jenis ini juga terbukti dapat memberikan efek frenzy yang menyegarkan. Namun, jarang yang mengetahui bahwa konsumsi minuman bersoda terbukti dapat memperparah penyakit anemia. Lho, kok bisa?

Faktanya, zat adiktif serta pengawet dalam minuman bersoda malah akan meningkatkan kadar gula dalam darah sekaligus menghambat penyerapan gula alami yang terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan yang Anda konsumsi. Dampaknya, tubuh akan kesulitan dalam memproduksi sel darah merah yang baik dan berkualitas. Mengejutkan, bukan?

6. Makanan berserat rendah

Tahukah Anda, bahwa makanan berserat rendah -seperti kue dan cake- ternyata dapat membuat penyakit anemia bertambah parah? Solusinya, gantilah asupan makanan tadi dengan sayuran dan buah-buah segar. Selain baik untuk sistem pencernaan, sayur dan buah juga terbukti dapat mengomptimalkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.

7. Sayuran pahit

Pantangan anemia yang terakhir adalah konsumsi sayuran pahit -seperti daun pepaya dan pare. Penyebabnya tidak lain karena konsumsi sayuran tadi malah akan membuat energi tubuh menurun. Dampaknya, Anda akan semakin merasa lemah dan lesu.

Itu tadi 7 pantangan anemia yang harus Anda ketahui dan hindari. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggung? Segera chat dokter untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.