Dear Pria, Waspadai 6 Penyakit yang Mengincar Penis

Penyakit yang Mengincar Penis

GoDok- Penyakit yang Mengincar Penis- Sebagai seorang pria, tentu Anda tahu bahwa menjaga kebersihan penis merupakan hal yang sangat penting. Namun, tak jarang Anda lupa bahwa hal ini adalah kunci utama untuk penis yang sehat. Kemalasan adalah hal utama yang menyebabkan Anda acapkali tak memperdulikannya. Padahal, ada banyak penyakit yang dapat mengintai kesehatan penis Anda, lho! Apa saja penyakit yang dimaksud?

Mari simak daftar lengkap penyakit yang mengincar penis  berikut ini :

1. Gonorrhea

Biasa disebut juga gonore atau kencing nanah, penyakit yang satu ini disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Biasanya, gonorea ditandai dengan timbulnya rasa nyeri pada alat kelamin saat Anda buang air kecil. Selain itu, Anda mungkin juga akan mengalami keluarnya cairan tertentu (serupa nanah), anus berdarah, testis yang membengkak, serta munculnya rasa gatal pada alat kelamin. Berhati-hatilah, sebab penyakit yang bisa menular melalui oral seks ini juga dapat menyebakan kemandulan. Mengerikan, bukan?

2. Kutil Kelamin

Penyakit yang mengincar penis Anda selanjutnya adalah kutil kelamin, atau dalam bahasa medis disebut kondiloma akuminata. Kutil biasanya dapat muncul pada batang dan ujung penis. Umumnya, penyakit ini bisa datang pada bagian kulit kelamin bawah bagi Anda yang belum disunat. Selain membahayakn diri sendiri, penyakit ini juga dapat membahayakan pasangan seksual Anda, sebab sifatnya yang menular. Lebih jauh, kutil kelamin yang tak kunjung diobati dapat berkembang menjadi kanker penis yang berbahaya, lho!

3. Fimosis dan Parafimosis

Perlu Anda ketahui, bahwa dua penyakit ini kerap kali menyerang alat kelamin pria yang belum disunat. Parafimosis merupakan suatu kondisi di mana kulup penis (yang tidak ada pada pria yang sudah disunat) tak dapat ditarik kembali menuju kepala penis. Hal ini bisa saja menyebabkan kulup tersangkut dan membengkak, sehingga peredaran darah menuju penis menjadi tidak lancar. Sementara itu, Fimosis merupakan kondisi di mana terdapat penyempitan di ujung kulit depan penis. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh peradangan di wilayah kulit penis. Berbahaya? Tentu saja.

4. Herpes

Herpes merupakan penyakit yang biasanya disebabkan oleh penularan bakteri penyebabnya saat Anda berhubungan seksual. Jika terkena, akan timbul bintil-bintil berisi nanah di atas kulit penis yang memerah. Biasanya, penderita juga akan mengalami gejala berupa demam, nafsu makan berkurang, dan lemas. Jika tidak diobati, tentu herpes akan bisa berbahaya nantinya.

5. Penis bengkok

Penyakit yang mengincar penis Anda selanjutnya adalah penis bengkok. tentu, umumnya saat ereksi penis akan menjadi tegak lurus. Namun, bagi Anda yang terkena penyakit ini, penis justru akan melengkung ke arah kiri, kanan, atau ke bawah. Hal ini akan membuat Anda lebih sulit mencapai ereksi. Gawat, bukan?

6. HIV/AIDS

Penyakit yang mengincar penis terakhir adalah HIV/AIDS. Penyakit yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus ini dapat melumpuhkan seluruh istem imun Anda, sehingga penyakit apapun akan lebih mudah menyerang tubuh. Bermula di selangkangan, penyakit ini seringkali disebabkan oleh kebiasaan bergonta-ganti pasangan dan tak memakai pengaman saat berhubungan seksual. Karena tak adanya vaksin atau obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini, kebanyakan dari mereka yang terinfeksi mengalami kematian.

Nah, itu dia 6 penyakit yang mengincar penis, jika Anda tak berhati-hati dalam menjaga kebersihan, kesehatan, dan keamanan dalam berhubungan seksual. Jadi, tetap waspada, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan kesehatan seputar organ intim Anda? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.