Dear Ladies, Kenali Penyakit yang Mengincar Vagina

penyakit yang mengincar vagina
Ladies, hati hati dengan beberapa jenis penyakit yang siap mengincar Anda kapan saja- khususnya yang berkaitan dengan kesehatan vagina? Karenanya; yuk, simak 7 penyakit yang mengincar vagina berikut ini!

GoDok – Penyakit yang Mengincar Vagina – Dengan semakin berkembangnya jaman, semakin berkembang pula teknologi di dunia medis. Hal ini tentunya turut mempengaruhi kondisi kesehatan masyarakat, khususnya kaum hawa. Namun, tahukah ladies, bahwa terlepas dari seberapa canggih peralatan serta pengobatan medis yang bisa didapatkan, tetap saja terdapat beberapa jenis penyakit yang siap mengincar Anda kapan saja- khususnya yang berkaitan dengan kesehatan vagina? Karenanya; yuk, simak 7 penyakit yang mengincar vagina berikut ini!

Penyakit yang Mengincar Vagina

1. Keputihan

Keputihan; penyakit yang mengincar vagina yang paling umum dialami oleh para wanita. Sebenarnya, keputihan bukanlah sebuah kondisi medis yang serius apabila cairan yang keluar berwarna bening dan tidak mengeluarkan bau apapaun. Mengapa? Karena hal ini lumrah terjadi, apalagi jika mendekati siklus haid. Namun, apabila cairan keputihan berwarna kecoklatan serta mengeluarkan bau yang tidak sedap, maka Anda harus mulai waspada sebab bisa jadi penyebabnya adalah infeksi virus, bakteri, atau jamur pada vagina.

2. Kutu kelamin

Malas memotong bulu kemaluan? Hati-hati, sebab hal ini dapat memicu infeksi kutu kemaluan! Ya, parasit yang berukuran tidak lebih dari 1/8 inchi ini dapat menetap di sekitar bulu kemaluan Anda, bahkan bisa masuk ke saluran vagina yang lebih dalam. Demi terhindar dari hal ini, Anda disarankan untuk rutin memotong dan merapikan bulu kemaluan. Tujuannya tidak lain adalah untuk meminimalisir kemungkinan menempelnya keringat, bakteri, ataupun kuman yang menjadi cikal bakal pertumbuhan kutu kelamin.

(Baca: 5 Cara Alami Untuk Atasi Keputihan)

3. Kandidiasis

Selanjutnya, penyakit yang mengincar vagina adalah kandidiasis. Penyakit yang dipicu oleh infeksi jamur ini biasanya ditandai dengan beberapa gejala khas, seperti munculnya bercak-bercak putih di sekitar mulut vagina dan leher rahim, hingga keluarnya cairan putih kental yang berwarna serupa susu. Waspada! Keluarnya cairan ini seringkali menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu. Karenanya, Anda disarankan untuk segera mengonsultasikan kesehatan vagina ke dokter atau rumah sakit terdekat.

4. Bartholinitis

Pernahkah Anda merasakan rasa nyeri yang teramat sangat di area sekitar vagina? Jika, ya; maka, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter terdekat sebab bisa jadi salah satu penyebabnya adalah penyakit bartholinitis. Lalu, apa sih penyebab penyakit ini? Usut punya usut, bartholinitis disebabkan oleh infeksi bakteri pada kelenjar Bartholin yang terletak di bibir vagina. Jika dibiarkan berlanjut-lanjut, bartholinitis dapat menyebabkan pembengkakan pada vagina –bahkan kista.

(Baca: Vaginitis; Penyebab, Gejala dan Penanganan)

5. Herpes genitalis

Termasuk pada golongan penyakit seksual menular, herpes genitalis dipicu oleh infeksi virus Herpes simplex yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak melibatkan penggunaan alat pengaman. Biasanya, virus ini memerlukan waktu inkubasi antara 3-10 hari sebelum menunjukkan gejala-gejala penyeberan yang meliputi; demam, nyeri otot, pusing, lemas, dan sakit kepala.

6. Servisitis kronika

Penyakit yang mengincar vagina selanjutnya adalah servisitis kronika. Dipicu oleh beberapa hal, seperti luka pada dinding serviks hingga infeksi mikroorganisme aerob; servisitis kronika dapat menyebabkan peradangan pada selaput lendir vagina. Jika dibiarkan berlanjut, penyakit ini dapat memicu pengerasan pada salah satu selaput lendir. Mengerikan!

(Baca: Pap Smear; Prosedur Medis untuk Tes Kanker Serviks)

7. Kanker serviks

Terakhir, penyakit yang mengincar vagina Anda adalah kanker serviks. Banyak ahli menyimpulkan bahwa salah satu pemicu penyakit mematikan ini adalah hubungan seksual di usia yang terlampau dini. Untuk mengetahui ada atau tidaknya sel serviks abnormal di organ kewanitaan, Anda disarankan untuk melakukan tes pap smear.

Itu tadi 7 penyakit yang mengincar vagina Anda. Semoga bermanfaat!