Dear Ibu Muda, Ini Dia Cara Langsing Setelah Hamil

cara langsing setelah hamil
Saat masa kehamilan berakhir, tentu Anda mulai berpikir tentang bagaimana cara mengembalikan bentuk badan ke ukuran semula.  Jangan khawatir! Ini dia solusinya

GoDok – Cara langsing setelah hamil – Ketika hamil, para wanita biasanya memiliki nafsu makan dan keinginan untuk makan lebih banyak dari porsi biasanya. Hal tersebut dilakukan agar sang bayi tidak kekurangan nutrisi dalam kandungan. Hasilnya, tubuh Bunda akan menjadi lebih gemuk, apalagi jika Bunda termasuk yang jarang berolahraga di masa kehamilan. Wah, tentu tubuh akan semakin melebar! Namun, Bunda tak perlu khawatir karena gemuk di masa kehamilan itu sebenarnya wajar, dan yang terpenting adalah kesehatan bagi ibu dan janin.

Namun, saat masa kehamilan berakhir, tentu Anda mulai berpikir tentang bagaimana cara mengembalikan bentuk badan ke ukuran semula.

Anda bisa lakukan tips cara langsing setelah hamil berikut:

1. Menyusui

Tahukah Bunda, bahwa menyusui merupakan salah satu cara langsing setelah hamil? Ya, saat menyusui Anda membutuhkan setidaknya 500 kalori per harinya. Karena itu, Anda juga tidak boleh mengurangi asupan nutrisi yang seharusnya masuk ke tubuh Anda, saat masih harus menyusui. Untuk hal ini, setidaknya terapkan pola makan yang sehat, Bunda.

2. Pola makan yang sehat

Menerapkan cara langsing setelah hamil bukan berarti Anda harus mengurangi pola makan berat demi menurunkan berat badan. Ingat, Anda masih sangat membutuhkan tenaga, untuk beraktivitas, mengurus anak dan menyusuinya. Jadi, aturlah pola makan Anda dengan makanan-makanan yang sehat kaya akan protein, vitamin dan mineral agar saat menyusui si kecil, ia juga akan mendapatkan ASI yang bergizi. Jangan lupa juga banyak minum air putih untuk menjaga cairan dalam tubuh Anda.

3. Lakukan pekerjaan rumah atau bermain dengan bayi Anda

Alternatif gerakan sehari-hari yang dapat Anda lakukan sebaga cara langsing setelah hamil adalah melakukan pekerjaan rumah, misalnya seperti menyapu, mengepel dan membereskan rumah. Namun, apabila hal tersebut terlalu berat, bisa Anda alihkan dengan bermain bersama bayi Anda, mengajaknya jalan-jalan, bercanda atau menggendongnya. Hal-hal tersebut dapat membantu Anda mengurangi kalori sedikit demi sedikit dalam tubuh.

(Baca: Makanan Pendamping ASI untuk Si Buah Hati)

4. Olahraga

Nah, hal penting ini juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan kembali tubuh ideal Anda. Lakukanlah olahraga, tahap demi tahap. Jangan langsung olahraga yang intensitasnya berat. Anda harus membiasakan tubuh Anda berolahraga terlebih dahulu, seperti jalan, jogging, senam atau yoga. Ketika tubuh sudah mulai terbiasa lagi, Anda bisa melakukan cardio yang tinggi.

5. Tidur yang cukup

Tidur cukup, Bun! Gunanya agar lemak-lemak dalam tubuh tidak tertimbun dan dapat diolah secara normal ketika Anda tidur sesuai jam yang seharusnya. Manusia senormalnya harus tidur dalam waktu 7-8 jam perhari, agar tubuh tetap sehat.

6. Hindari stress

Terakhir cara langsing setelah hamil, jangan stress ya, Bun! Bahagiakan dan segarkanlah pikiran Anda. Hindari stress yang berlebihan dan lakukanlah aktivitas yang menyenangkan untuk menjaga pikiran dari hal-hal yang negatif. Dengan demikian, hormon stress yang dapat menyebabkan gemuk tidak akan dapat mengganggu.

(Baca: Kurangi Stres Dengan Berendam dalam Bathtub)

Nah, bagaimana Bunda? Sudah tahukan apa saja yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan setelah masa kehamilan? Jangan khawatir lagi, ya! Yakinlah bahwa Anda pasti bisa! Semangat dan selamat mencoba!