Dear Calon Ibu, Ini Posisi Duduk yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil

Go DokPosisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil Bagi kebanyakan orang , posisi duduk bukan merupakan hal yang memerlukan perhatian khusus. Singakatnya, asalkan posisi duduk membuat Anda nyaman, maka tidak ada salahnya untuk mempertahankannya selama beberapa menit; bahkan jam. Tapi, bagi ibu hamil, posisi duduk ternyata perlu diperhatikan, lho! Karena jika ibu hamil duduk sembarangan, maka hal ini dapat mengancam keselamatannya dan janin yang ada dalam kandungan. Lantas, seperti apa posisi duduk yang tidak boleh dipraktikkan oleh ibu hamil?

Yuk, simak 5 posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil berikut ini!

1. Duduk tanpa sandaran

Pertama, posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil adalah duduk tanpa sandaran. Anda pasti paham dengan fakta bahwa selama masa kehamilan, kalsium dalam tubuh ibu akan diambil oleh janin. Inilah yang menyebabkan kepadatan tulang dan gigi ibu berkurang sehingga rentan mengalami gangguan.

Nah, dengan duduk tanpa sandaran, ibu secara tidak langusng telah membuat tulang punggung berkontraksi. Dampakanya, selain mudah merasa pegal, ibu juga akan menjadi lebih rentan terkena gangguan tulang punggung. Mengerikan, bukan?

2. Membungkuk

Ketika beristirahat sehabis jalan-jalan seharian, ibu hamil secara tidak sadar akan duduk dengan posisi membungkuk. Hati-hati! Nyatanya, posisi ini dapat membuat sumsum tulang belakang ibu rentan mengalami penurunan fungsi. Terlebih lagi dengan janin yang berukuran semakin besar, posisi duduk membungkuk dapat membuat sumsum tulang belakang lebih ‘tersiksa’ karena besarnya beban yang harus ditahan.

3. Kaki menggantung

Tahukah Anda bahwa duduk dengan kaki menggantung adalah posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil? Dari sekian banyak keluhan khas ibu hamil, Anda pasti familiar dengan kondisi di mana kaki calon ibu membengkak sehingga berukuran lebih besar daripada kondisi normal. Ternyata, selain dipicu oleh penumpukan cairan, kaki bengkak pada ibu hamil juga bisa diakibatkan oleh kebiasaan duduk dengan kaki menggantung. Lho, kok bisa? Alasannya tidak lain karena kebiasaan duduk ini dapat meningkatkan aliran darah ke kaki. Mengejutkan!

4. Duduk setengah

Posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil yang selanjutnya adalah duduk setengah; persis seperti gerakan squat. Sama seperti kebiasaan duduk membungkuk, kebiasaan duduk setengah juga dapat meningkatkan beban pada sumsum tulang belakang. Dampaknya, ibu hamil akan lebih mudah merasa pegal, nyeri, dan kebas di area punggung.

5. Tubuh doyong ke depan

Terakhir, posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil adalah duduk dengan tubuh yang doyong ke depan. Faktanya, posisi duduk ini dapat membuat janin tertekan oleh rusuk ibu. Selain itu, banyak pula ahli yang mengkhawatirkan bahwa posisi ini dapat memicu terhambatnya aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen bagi janin.

Itu tadi penjabaran lengkap mengenai 5 posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil. Memang, dari poin di atas terlihat bahwa kehamilan kerap kali membuat ibu kerepotan. Tapi, semua pengorbanan ibu akan berbuah manis ketika si jabang bayi lahir dengan kondisi yang sempurna. Jadi, jangan patah semangat ya, Bunda!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.