Daripada Menggunakan Cotton Bud, Lebih Baik Bersihkan Telinga dengan Cara Ini!

www.go-dok.com

Pernahkah Anda membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud? Sebagian besar orang pasti  menjawab; pernah. Pembersih telinga yang satu ini memang populer di tengah-tengah masyarakat Indonesia, karena selain harganya yang ekonomis, cotton bud juga nyaman digunakan mengingat bahan dasarnya berupa kapas lembut. Namun, tahukah Anda, bahwa kebiasaan yang dianggapp lumrah ini ternyata berbahaya bagi kesehatan telinga?

Seperti yang telah kita ketahui, telinga menghasilkan cairan serupa lilin yang disebut serumen, alias kotoran telinga. Nah, penggunaan cotton bud yang tadinya ditujukan untuk membuang kotoran ini malah justru berpotensi besar membuat serumen terdorong dan menumpuk di sekitar gendang telinga. Hasilnya, Anda akan lebih rentan terkena gangguan pendengaran sebab gendang telinga tidak bisa berfungsi dengan optimal.

Lalu, adakah cara membersihkan telinga yang efektif namun tidak membahayakan kesehatan pendengaran? Jangan khawatir, ini dia beberapa solusi jitu yang dapat Anda coba:

1. Kunjungilah dokter THT

Pergi dan berkonsultasi ke dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) adalah cara yang paling direkomendasikan jika Anda ingin membersihkan telinga secara menyeluruh. Mengapa? Sebab di klinik THT, peralatan yang digunakan terhitung lengkap, mulai dari sendok khusus untuk mengangkat serumen,  hingga alat penghisap kotoran telinga. Mau coba?

2. Gunakan handuk basah

Jika Anda ingin membersihkan telinga tapi enggan repot pergi ke dokter, maka cara jitu yang satu ini patut dicoba. Cukup dengan membasahi sebuah handuk kecil dengan air hangat dan menggosokkannya ke daun telinga,  Anda dapat membersihkan telinga bagian luar dari debu dan kotoran yang menempel. Mudah, bukan?

3. Gunakan obat tetes telinga

Merasa kotoran di dalam telinga telah menumpuk? Baiknya, Anda menggunakan obat tetes telinga, karena komposisinya yang terdiri dari baby oil, mineral oil, dan saline terbukti dapat melunakkan kotoran telinga sehingga lebih mudah dikeluarkan. Untuk penggunaan, Anda cukup meneteskan obat jenis ini ke telinga, lalu tunggu beberapa saat sebelum telinga dibersihkan dan dikeringkan secara total.

Menurut para ahli dari Oxford University Hospital di Inggris, sebetulnya Anda tidak perlu membersihkan telinga dengan alat bantu, seperti cotton bud, setiap hari. Mengapa? Karena telinga dapat membersihkan dirinya sendiri secara alami. Jarang yang mengetahui bahwa proses alami ini terjadi ketika Anda mengunyah atau menggerak-gerakkan rahang. Jadi, mulai sekarang, ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan membersihkan telinga. Selamat mencoba!

Comments are closed.