Dampak “Working Mom” Terhadap Kepribadian Anak

GoDok – Memiliki karir yang cemerlang adalah impian setiap orang, termasuk kaum wanita. Namun, hal ini menjadi tantangan tersendiri ketika si kecil hadir di tengah-tengah keluarga. Ibu cenderung merasa takut jika nanti pekerjaannya akan berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak. Benarkah begitu? Ternyata salah. Justru, ibu yang memililki pekerjaan di luar rumah akan memberikan dampak positif bagi anak, seperti:

1. Anak menjadi bertanggung jawab dan mandiri

Anak dengan ibu yang bekerja akan lebih mandiri dan terbiasa melakukan perkerjaan rumah seperti menyapu, mencuci piring, dan mengurus saudara yang lebih kecil. Hal ini terjadi karena buah hati meniru dan melihat sosok bunda yang berperan ganda, yaitu sebagai kepala rumah tangga sekaligus sosok ibu yang bertanggung jawab bagi keluarga.

(Baca: Ajari Anak Tanggung Jawab dengan Tips Jitu Ini!)

2. Anak menjadi termotivasi dalam belajar

Memiliki ibu yang bekerja akan membuat anak juga ingin seperti mereka. Karenanya, mereka akan lebih semangat dalam belajar karena ingin menggapai cita-cita yang di idamkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pendapatan perempuan dari ibu yang bekerja lebih tinggi 23% daripada mereka dari ibu yang tidak bekerja.

(Baca: Ingin Anak Pintar? Ini Dia Caranya)

3. Anak menjadi lebih giat dan pantang menyerah

Dengan bekerja, ibu dapat menunjukkan kepada anak jika segala sesuatu dapat dicapai dengan bekerja keras. Karenanya, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang giat dan pantang menyerah. Selain itu, working mom juga dapat membagikan pengalaman suksesnya sebagai salah satu bentuk motivasi untuk buah hati.

4. Anak lebih terbuka terhadap peran gender

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa pria yang tumbuh dengan ibu yang bekerja cenderung tidak segan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Lho, kok bisa? Ini dikarenakan ia melihat sosok ibu turut memainkan peran sebagai kepala rumah tangga yang turut mencari nafkah. Akhirnya, ia akan menjadi pribadi yang paham bahwa gender tidak berhubungan dengan pembagian tugas di rumah. Luar biasa, bukan?

(Baca: Manfaat di Balik Anak laki-laki yang Dekat dengan Ibu)

5. Anak memiliki sosok yang bisa menjadi tauladan

Konsistensi, tanggungjawab, serta sifat pekerja keras working mom akan menjadikan ibu sosok yang diteladani dan diidolakan oleh anak. Selain itu, kesibukan ibu yang membuat waktu berkumpul bersama keluarga menjadi terbatas mampu mengajarkan anak bahwa  family time yang berkualitas sangatlah berharga.

Tidak usah takut dengan mitos yang mengatakan bahwa ibu yang bekerja akan memberikan pengaruh negatif kepada anak. Michelle Terry, MD., dokter anak, mengatakan bahwa proses tumbuh kembang si kecil lebih dipengaruhi oleh kesehatan emosional keluarga dan pola asuh yang diterapkan. Selama Anda memilih untuk menjadi working mom dan tetap mencurahkan perhatian dan kasih sayang yang cukup, pekerjaan tidak akan berakibat buruk bagi anak. Selamat bekerja!

Leave a Reply