Daftar Olahraga untuk Mengencangkan Bokong

olahraga untuk mengencangkan bokong

Go Dok- Olahraga untuk mengencangkan bokong- Wanita mana sih yang tak ingin memiliki bokong yang kencang dan terlihat fit, seperti yang dimiliki Beyonce Knowles dan selebriti kenamaan Amerika lainnya? Selain penanda tubuh yang sehat, bokong kencang juga bisa membuat penampilan Anda terlihat lebih menarik. Nah, untuk mencapainya, Anda dapat mulai dengan melakukan beberapa gerakan olahraga.

Berikut beberapa olahraga untuk mengencangkan bokong Anda:

1. Leg lift

Olahraga untuk mengencangkan bokong pertama yang bisa Anda praktikkan dengan berbaring terlentang, dengan bagian kepala, pantat, dan kaki menempel di lantai. Saat dalam posisi ini, angkatlah kedua kaki Anda secara perlahan dan bengkokkan lutut ke arah dalam sembari menahan otot perut, hingga tubuh Anda membentuk sudut 90 derajat. Nah, sembari melakukannya, peganglah barbel kecil di kedua tangan, lalu angkat bagian atas tubuh Anda dan mulailah mengayunkannya ke arah dalam. Ingat, Anda harus selalu menjaga agar bagian bokong tetap menempel di lantai, ya! Tahanlah beberapa detik, sebelum kembali terlentang dan mengulangi semua gerakan tadi.

2. Lunge

Dalam gerakan ini, Anda harus berdiri dengan kedua kaki diangkat ke depan hingga sejajar dengan bahu. Setelah itu, taruh kedua tangan Anda di pinggang, dan angkat perlahan kaki kanan sembari mengambil langkah yang besar ke arah depan. Sembari melakukannya, turunkan tubuh Anda perlahan paha kanan bagian atas berada sejajar dengan permukaan lantai dan lutut kanan Anda membentuk sudut 90 derajat. Setelah itu, luruskan kembali tubuh Anda dengan mendorong tumit kanan, lalu lompatlah dan gunakan kaki kiri Anda untuk mendarat. Ulangi gerakan ini pada kaki yang berbeda hingga 8 kali, ya!

3. Hip-Lift Progression

Olahraga untuk mengencangkan bokong  selanjutnya adalah gerakan mengangkat pinggang Anda ke arah atas dan mempertahankannya selama beberapa detik. Caranya, berbaringlah terlentang dengan kedua tangan di sisi tubuh, lutut tertekuk, dan kedua telapak kaki menyentuh lantai. Perlahan tapi pasti, angkatlah pinggang Anda ke arah langit, hitung hingga 8 detik, lalu turunkan kembali. Selanjutnya, ulangi kembali gerakan ini, dengan menambah waktu menahan pinggang dua kali lipat (16 detik). Ulangi terus dan tambahlah waktu secara bertahap, hingga Anda mencapai waktu 60 detik. Gerakan ini menjamin kekencangan otot pantat Anda, hanya saja jangan lupa untuk menaruh bantal di bawah punggung Anda saat melakukannya, ya!

4. Sun Salutation

Siapa sangka bahwa gerakan yoga yang satu ini dapat berguna untuk mengencangkan pantat Anda? Untuk melakukannya, Anda dapat mengatupkan kedua tangan terlebih dulu, sebelum kemudian mengangkatnya tinggi ke arah belakang. Setelahnya, langsunglah menunduk dan raih kedua telapak kaki Anda sembari membungkuk. Lalu, duduklah dengan satu kaki ditekuk jongkok, sementara kaki lainnya diregangkan jauh ke arah belakang dan lanjutkan dengan berpose seperti push-up, menahan badan dengan kedua tangan Anda. Setelahnya, rendahkan tubuh Anda dengan bagian lutut dan dada menempel lantai, sementara pantat menunjuk ke arah atas. Lakukan  gerakan-gerakan tersebut secara berulang demi mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Slackline

Gerakaka olahraga untuk mengencangkan bokong yang terakhir dengan slackline. Tak hanya dapat menguji adrenalin Anda, melakukan olahraga slackline ternyata juga efektif untuk mengencangkan pantat. Pada dasarnya, olahraga ini ditujukan untuk melatih keseimbangan Anda dengan berjalan di atas seutas atau dua utas tali, minimal dengan jarak 60 cm dari permukaan tanah. Pasalnya, ketika berjalan di atas seutas tali sembari menyeimbangkan tubuh, lutut Anda biasanya akan menekuk hingga membentuk sudut 90 derajat. Nah, saat itulah otot gluteus maximus yang membentuk sebagian besar bokong juga akan bergerak dan melatih kekuatan serta menjadikannya kencang.

Itu tadi 5 jenis gerakan dan olahraga untuk mengencangkan bokong. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.