Daftar Camilan Sehat untuk Si Kecil

www.go-dok.com

Obesitas pada anak kini tengah menjadi isu serius di kalangan orang tua. Seperti yang dilansir dari The Sun, Dame Sally Davis Kepala Dinas Kesehatan Inggris menyatakan bahwa kini obesitas telah tumbuh menjadi salah satu ancaman serius di bidang kesehatan, layaknya ebola dan penyakit kuning. Lalu, apa sajakah yang dapat memicu obesitas pada anak? Salah satu alasannya adalah pemilihan camilan tidak sehat yang banyak mengandung gula. Selain itu, menjamurnya restoran yang menyajikan dan makanan atau minuman cepat saji tinggi lemak dan  kalori turut memperparah kondisi kesehatan anak masa kini.

Secara global, lebih dari 40 juta anak di bawah umur 5 tahun mengalami obesitas. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Menurut data dari Riset Kesehatan Dasar, terdapat 16 wilayah di Indonesia yang memiliki tingkat obesitas lebih tinggi dibanding angka nasional (27%), di antaranya adalah wilayah Jawa Barat, Bali, Papua, D.I. Yogyakarta, Aceh, dan sebagainya.  Lebih lanjut, terungkap bahwa kasus obesitas umumnya ditemukan di kelompok anak rentang usia 5-12 tahun.

Kehidupan perkotaan yang menekankan pada pola hidup praktis dianggap sebagai salah penyebab utama meningkatknya kasus obesitas pada anak-anak. Lalu, apa yang bisa orang tua lakukan untuk meminimalisir hal tersebut? Salah satunya adalah dengan bijak memilih camilan sehat dan bergizi bagi buah hati. Ini dia beberapa pilihan camilan sehat bagi buah hati:

1. Sereal & biskuit gandum

Sereal dan biskut yang terbuat dari gandum bisa menjadi alternatif cemilan sehat. Ini dikarenakan tingginya kandungan serat,vitamin E, vitamin B, zink, dan kaliumnya baik bagi pencernaan dan tumbuh kembang si kecil.

2. Kacang-kacangan

Kacang merupakan bahan pangan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel-sel otak dari paparan radikal bebas. Selain baik, kandungan vitamin E, thiamin, dan omega 3 pada kacang-kacangan menjadikannya camilan ideal bagi anak karena dapat turut mencukupi kebutuhan gizi hariannya.

3. Yogurt & keju

Produk olahan susu, seperti yogurt dan keju, terkenal akan kandungan protein serta vitamin B dan D nya yang tinggi. Kandungan gizi tadi sangat penting bagi tumbuh kembang buah hati karena dapat memicu pertumbuhan jaringan otak, otot, dan saraf anak.

6. Keripik sayur dan buah

Buah hati tidak suka makan buah dan sayur? Tenang, Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan camilan berupa keripik sayur dan buah yang dewasa kini banyak dijual di pasaran. Tapi, selalu perhatikan kandungan yang terkadnung di dalamnya agar si kecil terhidar dari konsumsi zat pewarna, pengawet, dan perasa buatan berlebih.

7. Smoothies

Cara lain untuk membuat anak mau mengkonsumsi sayur dan buah-buahan adalah dengan membuatkannya smoothies. Anda dapat mengombinasikan beberapa macam buah dan sayur seperti kiwi, jeruk, pisang, nanas, dan bayam. Sebagai tambahan, gunakan yogurt atau susu rendah lemak sebagai pemanis alami agar si kecil semakin bersemangat meminum smoothie buatan Anda.

8. Agar-agar

Daripada membelikan si kecil jajanan yang belum tentu sehat, ada baiknya Anda  berkreasi sendiri dengan menggunakan agar-agar. Kandungan seratnya yang  tinggi membuat agar-agar menjadi pilihan camilan yang sehat bagi si kecil. Tambahan potongan buah segar serta bentuk agar-agar yang dibuat serupa dengan karakter favorit anak akan membuat ia enggan jajan di luar.

Selamat mencoba!