Ciri-ciri Anoreksia; Kenali Lewat Penjelasan Berikut Ini!

ciri-ciri anoreksia

Go Dok- Ciri-ciri anoreksia Memiliki tubuh indah nan ideal bak peragawati sudah barang tentu menjadi impian setiap wanita. Karenanya, demi mewujudkan ambisi tersebut tidak sedikit kaum hawa yang kemudian terjerumus ke dalam cara serta praktik diet yang salah. Dari sekian banyak bahaya diet tidak sehat, mengidap anoreksia merupakan kemungkinan terburuk yang sudah sewajarnya mendapatkan perhatian khusus.

Yuk, kenali 8 ciri-ciri anoreksia lewat penjelasan khas Go Dok berikut ini:

1. Mengalami penurunan berat badan yang signifikan

Ciri-ciri anoreksia yang pertama adalah adanya penurunan berat badan yang signifikan. Berbeda dengan diet lainnya yang membuat bobot tubuh berkurang secara bertahap, penderita anoreksia yang enggan makan biasanya dapat memangkas 5-10 kg hanya dalam hitungan beberapa minggu saja.

2. Enggan makan

Ini dia ciri anoreksia yang paling khas; enggan makan. Bagi penderita anoreksia, ketakutan mengalami kenaikan berat badan telah menjadi ketakutan yang tidak masuk akal (irrasional). Inilah yang kemudian membuat mereka enggan menyentuh makanan dalam bentuk apapun. Bahkan, banyak kasus anoreksia yang mengisahkan penderitanya rela mengonsumsi air putih atau beberapa butir biskuit saja. Mengerikan!

3. Menghitung kalori

Terdengar aneh, namun seperti inilah realita yang dialami oleh penderita anoreksia. Saking terobsesinya dengan tubuh kurus, mereka rela menghitung kalori dari setiap makanan yang dikonsumsi. Biasanya, hal ini ditujukan agar jumlah kalori harian mereka tidak melebihi batas yang telah ditetapkan, misalnya tidak lebih dari 250 kkal/hari.

4. Olahraga berlebihan

Ciri-ciri anoreksia yang selanjutnya adalah olahraga yang dilakukan secara berlebihan. Kerapkali disebabkan oleh ketidakpuasan pada bentuk tubuhnya, penderita anoreksia akan memaksakan diri untuk berolahraga dengan intensitas yang ekstrem. Misalnya, jogging selama 5 jam/hari, atau push-up sebanyak 500 kali.

5. Persepsi badan yang tidak normal

Ingin memastikan apakah ada anggota keluarag atau kerabat Anda yang menderit anoreksia? Maka, tanyalah individu terkait mengenai bentuk tubuhnya. Jika ia cenderung menggambarkan tubuhnya dengan kata-kata tertentu -sepert ‘gemuk’, ‘gembrot’, ‘tidak ideal’-, padahal yang tersisa hanya tinggal tulang berbalut kulit saja, maka besar kemungkinan ia menderita anoreksia. Jika sudah begitu, segera ajak ia untuk berkonsultasi dengan psikiater dan ahli gizi. Mengapa psikiater? Karena banyak ahli menganggap bahwa anoreksia sudah termasuk pada gangguan psikologis; bukan hanya kondisi fisik saja.

6. Menutup diri

Jarang yang mengetahui bahwa ciri lain dari penyakit anoreksia adalah kecenderungan pasien untuk menutup diri dari lingkungan sekitar (introvert). Mengapa? Karena mereka merasa tidak percaya diri dan enggan dicemooh orang lain karena memiliki badan yang terlihat ‘gendut’.

7. Sering menimbang berat badan

Memang, perkara menimbang badan bisa saja menjadi kebiasaan setiap orang. Namun, pada penderita anoreksia, kebiasaan ini dibawa ke tahapan yang lebih ekstrem. Ya, bukan hanya terobsesi pada perubahan berat badan di angka per-desimal, mereka yang mengidap anoreksia juga cenderung menimbang bobotnya berkali-kali dalam sehari. Bahkan, ada yang merasa ketakutan jika berat badannya naik karena minum air putih, lho!

8. Kebiasaan mengonsumsi obat pencahar

Ciri-ciri anoreksia yang terakhir adalah kebiasaan penderita mengonsumsi obat pencahar. Hal ini mereka lakukan agar makanan yang dikonsumsi dapat dimuntahkan kembali sehingga tidak menambah bobot tubuh.

Itu tadi 8 ciri-ciri anoreksia yang harus Anda ketahui. Jangan anggap enteng gangguan makan yang satu ini! Karena jika tidak ditangani dengan segera, anoreksia dapat merenggut nyawa penderitanya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab dengan Tim Dokter Go Dok seputar permasalahan kesehatan Anda.