Cegah Kerusakan Mata dengan Konsumsi Makanan Ini

www.go-dok.com

Kita semua tahu bahwa mata merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran vital, yaitu sebagai indera penglihatan. Sayangnya, terkadang Anda lalai dalam menjaga kesehatannya dengan melakukan berbagai kebiasaan buruk, seperti menonton televisi terlalu dekat atau membaca buku di tempat dengan pencahayaan kurang. Akibatnya, kesehatan serta fungsi mata menjadi menurun dan mengakibatkan Anda terkena gangguan penglihatan, seperti mata minus atau rabun.

Untuk mencegah terjadinya kemunduran fungsi penglihatan, ada banyak cara yang dapat Anda coba, salah satunya adalah dengan memperbaiki asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata. Penasaran apa saja bahan pangan yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata? Intip poin lengkapnya berikut ini:

1. Wortel

Wortel telah sejak lama dikenal sebagai makanan yang baik dikonsumsi demi menjaga kesehatan mata. Ini dikarenakan tingginya kandungan vitamin A pada wortel terbukti dapat meningkatkan fungsi retina, membantu mata beradaptasi terhadap intensitas cahaya di sekitarnya, serta menurunkan risiko penyakit katarak dan degenerasi makula. Selain itu, kandungan beta keratin pada wortel berperan sebagai senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel mata dari radikal bebas.

2. Sayuran hijau

Menurut  jurnal  JAMA  Ophthalmology, konsumsi rutin sayuran hijau, seperti bayam, selada, brokoli, kol, lobak, dan sawi sangatlah dianjurkan demi menjaga kesehatan mata. Mengapa? Karena kandungan antioksidan tinggi yang terkandung dalam sayuran tadi terbukti mampu menyerap sinar biru (spektrum cahaya yang dihasilkan oleh layar gadget, tv, dan komputer) yang berbahaya bagi penglihatan. Di samping itu, sayuran hijau juga mengandung senyawa Lutein dan Zeaxanthin yang berfungsi untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet. Hebat, bukan?

3. Ikan salmon

Jarang yang mengetahui bahwa jika dikonsumsi secara teratur, ikan salmon dapat mengurangi risiko degenerasi makula hingga 38%. Masih kurang? Ini dia manfaat lain dari ikan salmon bagi mata:

  • Omega 3; mencegah mata kering serta penyakit yang disebabkan oleh penurunanfungsi otot mata
  • Asam esensial; berfungsi untuk mengurangi risiko glaukoma dan tekanan tinggi pada bola mata.
  • Vitamin D;  membantu perkembangan fungsi penglihatan janinpada ibu hamil

4. Bawang putih

Meskipun berbau menyengat, namun kandungan Glutathione, vitamin B1, vitamin C, dan selenium pada bawang putih menjadikan umbi lapis yang satu ini baik dikonsumsi oleh mereka yang menginginkan organ matanya tetap sehat. Mengapa? Sebab kandungan zat-zat tadi berkhasiat untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet serta memperkuat sel-sel optik sehingga membuat mata tetap sehat.

5. Dark Chocolate

Selain karena rasanya yang lezat, dark chocolate juga ternyata sangat baik bagi kesehatan mata. Ini dikarenakan kandungan flavonoid di dalamnya berfungsi untuk melindungi pembuluh darah  mata sehingga bagian-bagian mata, seperti kornea dan retina, berisiko rendah mengalami kerusakan.

Semoga bermanfaat!

Comments are closed.