Cegah Jatuhnya Korban dengan Praktikkan 7 Cara Hindari Flu Burung

cara hindari flu burung
Menjaga kebersihan diri merupakan salah satu car untuk hindari flu burung. Ingin tahu cara apalagi yang dapat Anda praktikkan untuk menghindarinya? Yuk, Simak!

GoDokCara hindari flu burungFlu burung -siapa yang tidak mengenal penyakit mematikan yang satu ini. Di Indonesia, pamornya sempat naik sebab ditenggarai sebagai pemicu jatuhnya korban jiwa di beberapa daerah. Inilah yang menyebabkan pasar unggas beberapa waktu lalu mengalami kelesuan karena rendahnya daya beli masyarakat. Padahal, ada beberapa cara yang dapat Anda praktikkan agar terhindar dari flu burung, lho! Tidak percaya?

Berikut 7 cara hindari flu burung ala Go Dok yang harus Anda ketahui:

1. Menjaga kebersihan diri

Cara hindari flu burung yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan diri. Lengkapnya, Anda dianjurkan untuk rajin mencuci tangan dengan sabun -atau bahkan mandi- setiap kali habis berdekatan atau menyentuh unggas. Langkah ini ditujukan untuk meminimalisir kemungkinan masuknya virus pemicu flu burung yang dapat menyebar lewat liur dan debu halus di sekitar unggas.

2. Gunakan masker dan sarung tangan

Bagi Anda yang memiliki ternak unggas, diwajibkan untuk selalu mengenakan masker dan sarung tangan setiap kali berinteraksi langsung dengan hewan. Ingat, jangan pernah berdekatan atau menyentuh unggas dengan kondisi permukaan kulit serta saluran pernafasan tidak terlindungi!

3. Waspadai lokasi tempat Anda bermukim

Selanjutnya, cara hindari flu burung, Anda dianjurkan untuk bermukim di lokasi yang berjarak setidaknya 25 meter dari peternakan unggas. Lantas, apa yang harus dilakukan jika pindah tempat tinggal bukanlah solusi yang dapat dipraktikkan? Maka, mau tidak mau Anda harus berkoordinasi dengan pemilik peternakan agar setiap unggas yang ada lulus tes flu burung.

4. Hindari jeroan unggas

Cara hindari flu burung yang selanjutnya adalah dengan menghentkan kebiasaan membeli jeroan unggas, seperti usus, hati, dan ampela. Mengapa? Karena jeroan merupakan kumpulan organ dalam yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya virus pemicu flu burung. Bayangkan saja! Virus yang menginfeksi unggas akan turut mengalir dalam darah, lalu disaring di organ hati. Jadi, bisa dibayangkan bukan, apa yang akan terjadi jika Anda mengonsumsi hati dari unggas yang terinfeksi?

5. Masak daging unggas dengan sempurna

Jika Anda termasuk orang yang gemar menyantap daging unggas setengah matang, maka ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan ini; karena daging unggas yang tidak dimasak dengan sempurna merupakan perantara penyebaran flu burung ke manusia.

Jangan ragu untuk selalu memasak daging ayam atau bebek sampai matang secara merata, karena banyak ahli yang mengungkapkana bahwa virus flu burung ternyata dapat dimusnahkan dengan panas api optimal.

6. Tingkatkan kebugaran tubuh

Cara hindari dari flu burung lainnya adalah dengan meningkatkan kebugaran tubuh. Ya, selain dengan rajin berolahraga, Anda juga bisa mendapatkan tubuh yang bugar dengan cara rajin mengonsumsi sayur dan buah-buahan berwarna cerah yang terbukti kaya akan antioksidan dan senyawa peningkat sistem imun.

7. Jaga kebersihan lingkungan sekitar

Cara hindari flu burung yang terakhir adalah dengan selalu memastikan bahwa lingkungan sekitar tempat Anda tinggal selalu terjaga kebersihannya. Selain dengan rajin menyapu serta mengelap rumah, Anda juga bisa menambahkan penggunaan disinfektan demi menekan risiko penyebaran virus flu burung.

Itu tadi 7 cara hindari flu burung yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.