Cara Terbaik Hindari Kantuk Saat Bekerja

hindari kantuk saat bekerja

Go Dok- Hindari kantuk saat bekerja- Pekerja kantoran terkadang memiliki kesulitannya sendiri dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Salah satu yang paling sering terjadi adalah melawan kantuk saat di kantor. Kebanyakan, rasa kantuk ini menyerang Anda pada jam-jam setelah makan siang. Betul, jam-jam di mana perut Anda terisi kenyang dan badan kemudian terasa hangat. Nah, apa saja cara terbaik  hindari kantuk saat bekerja?

Anda terlebih dulu dapat hindari kantuk saat bekerja dengan memperhatikan gaya hidup Anda.

1. Hindari terlalu banyak merokok dan minum kopi

Memang, kopi dan rokok dapat membuat Anda terjaga lebih baik di pagi hari. Namun, mengonsumsi keduanya di malam hari justru dapat membuat Anda terjaga semalaman. Alhasil, Anda akan lebih susah tidur dan tidak mendapat istirahat yang cukup sehingga mengantuk di kantor keesokan harinya. Karenanya, hindari meminum kopi dan merokok dalam 4 – 6 jam sebelum tidur ya!

2. Tidurlah yang cukup di malam hari

Hal ini mungkin terdengar sepele, namun banyak dari Anda yang justru terjaga jauh lebih malam karena berbagai alasan, mulai dari bermain game, gadget hingga menonton drama. Tidurlah selama 7 – 8 jam penuh, mulai di bawah jam 12 malam. Untuk memulainya, jauhkan segala gadget dan game dari tempat tidur Anda. Matikan pula televisi, laptop, komputer, dan hindari menyetel musik yang keras. Dijamin, tidur Anda akan berkualitas.

3. Rutin berolahraga

Untuk hindari kantuk saat bekerja keesokan harinya, usahakan Anda rutin berolahraga setiap  hari, kira-kira selama 30 menit. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah tidur di malam hari. Hasilnya, tidur nyenyak dan cukup, sehingga mencegah kantuk di esok harinya. Jangan lupa pula untuk membiarkan tubuh Anda terkena sinar matahari lebih sering.

4. Hindari makan besar sebelum tidur malam

Agar tidur malam Anda cukup dan tak terganggu, jangan makan besar sebelum tidur. Pasalnya, kekenyangan yang kemudian dibawa tidur bisa menimbulkan masalah pencernaan. Hal ini tentu berdampak buruk bagi kualitas tidur Anda, sehingga keesokannya di kantor justru akan lebih mudah mengantuk. Karenanya, makan malam lebih baik dilakukan 2 – 4 jam sebelum tidur, dengan porsi sewajarnya.

5. Hindari makan siang terlalu kenyang dan terlalu manis

Biasanya, kantuk saat bekerja akan datang sehabis makan siang, karena perut Anda penuh terisi. Untuk hindari kantuk saat bekerja dikarenakan hal ini, Anda sebaiknya makan siang dalam porsi yang wajar dan tidak terlalu banyak. Begitu pula dengan minuman berkadar gula tinggi, yang juga membuat Anda cepat mengantuk. Lebih baik, isi bekal makan siang Anda dengan makanan padat protein, karbohidrat, dan sayuran yang membantu meningkatkan energi.

6. Jangan kerjakan suatu hal terlalu lama

Hanya mengerjakan satu hal dalam jangka waktu terlalu lama tentu dapat menimbulkan rasa bosan dan akhirnya rasa kantuk saat bekerja. Karenanya, jika Anda merasa mengantuk di kantor, cobalah beralih pada pekerjaan lain. Hal ini dapat membuat Anda lebih terjaga.

7. Minum air putih lebih banyak

Jarang yang tahu bahwa dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab kantuk saat bekerja. Kekurangan cairan dapat membuat Anda lelah, bahkan kekurangan kadar oksigen sehingga timbul rasa kantuk. Karenanya, minumlah beberapa gelas air dalam sehari agar tetap terhidrasi.

8. Berdiri dan gerakkan badan

Berdiri dan menggerakan badan atau meregangkan tubuh bisa Anda praktikkan sebagai cara amouh hindari kantuk saat bekerja. Pasalnya, saat berdiri, seseorang akan lebih mudah terjaga. Selain itu meregangkan badan juga bisa membuat tubuh kembali segar.

9. Pindah posisi

Sama dengan berdiri, berpindah posisi juga dapat membuat Anda lebih terjaga dan mengusir kantuk saat bekerja. Pasalnya, tubuh Anda tentu akan pegal saat terlalu lama duduk dalam satu posisi, sehingga muncullah rasa mengantuk.

Nah, itu dia cara-cara terbaik untuk hindari kantuk saat bekerja. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi