Cara Sederhana Pancing Bahagia

www.go-dok.com

Hal apa yang dapat membuat Anda bahagia? Membeli barang idaman, naik pangkat, kenaikan gaji atau sesederhana melihat orang yang disayangi tersenyum? Apapun itu kadar kebahagiaan setiap orang berbeda-beda dan bersifat abstrak. Yang perlu diingat, tidak perlu melakukan hal sulit atau membayar sesuatu dengan harga yang mahal untuk merasa bahagia.

Berikut beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memancing kebahagiaan:

1. Rajin berolahraga

Olahraga bisa memompa darah dan melepaskan hormon endorphin di otak yang dapat memicu perasaan bahagia. Sebuah studi menyatakan bahwa berolahrga dapat memancing kebahagiaan yang efeknya hampir sama dengan mengonsumsi cokelat. Tidak perlu pergi ke gym atau pusat kebugaran lainnya untuk mulai berolahrga. Cukup lakukan kegiatan fisik yang mudah dan murah meriah seperti berlari, bersepeda, atau kegiatan lainnya yang dapat membuat Anda berkeringat.

2. Rutin mengonsumsisayuran berwarna hijau gelap

Sayuran berwarna hijau gelap yang dapat dengan mudah dijumpai adalah bayam. Kandungan folat pada bayam mampu meningkatkan produksi dopamine sehingga baik bagi otak dan mengurangi tingkat depresi.

3. Beri penghargaan pada diri sendiri

Memberikan pengahargaan kecil pada diri sendiri untuk setiap perubahan positif yang dilakukan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard University, melakukan hal kecil untuk kesenangan pribadi, seperti membeli bunga segar, terbukti mampu mengurangi rasa gelisah dan mood jelek.

4. Tersenyum

Hal yang paling mudah untuk menularkan kebahagiaan dan meningkatkan mood adalah dengan tersenyum. Senyuman, meskipun singkat, dapat mengaktivasi bagian otak yang merangsang munculnya rasa bahagia pada manusia.

5. Rutin mengonsumsi vitamin D

Vitamin D ternyata dapat merangsang produksi hormon serotonin yang bermanfaat untuk memperbaiki mood serta memunculkan perasaan bahagia. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan sinar D adalah dengan berjemur di pagi hari atau membuka jendela ruangan lebar-lebar agar sinar matahari yang hangat dapat masuk.

6. Menambahkan kunyit pada makanan

Kunyit mengandung anti-depresan alami. Jadi, daripada bergantung pada obat penenang atau sesi konsultasi dengan psikiater, Anda cukup memasukkan beberapa iris kunyit pada makanan sehari-hari.

7. Menghirup aroma buah jeruk

Jika Anda rajin mengonsumsi buah jeruk, jangan langsung buang kulitnya. Kenapa? Karena minyak aromatik yang terkadung pada kulit jeruk dapat memicu terbentuknya senyawa positif di otak.

8. Memakan camilan

Cara ini memang tidak ideal jika Anda sedang dalam program diet. Tapi sebuah studi menyatakan bahwa dengan mongunsumsi porsi kecil kudapan favorit Anda (25-30 gram) dapat memicu persaan bahagia. Jadi jangan takut ngemil!

9. Rutin bermain dengan hewan peliharaan

Berita baik bagi Anda pecinta hewan, karena rutinitas mengajak hewan peliharaan bermain terbukti mampu memperbaiki mood. Jadi, mulai sekarang, atur jadwal untuk sekedar jalan-jalan di taman bersama hewan peliharaan.

10. Beristirahat singkatdi sela-sela kesibukan

Menumpuknya beban pekerjaan seringkali menjadi salah satu penyebab stres. Solusinya, luangkan waktu beberapa menit untuk sekedar menarik napas dalam-dalam atau menonton video lucu untuk mengembalikan semangat dalam beraktivitas.

Kalau Anda, apa kebahagiaan versi Anda?

Tinggalkan Balasan