Cara Obati Gondongan yang Efektif dan Aman; Yuk, Praktikkan!

cara obati gondongan

Jika tidak segera ditangani, maka gondongan dapat meningkatkan risiko anak terkena komplikasi lain, seperti gangguan pendengaran, pembengkakan testis, pankreatitis, hingga meningitis yang bisa berujung pada kematian.

GoDokCara obati gondongan – Tahukah Anda, bahwa gondongan merupakan salah satu penyakit yang sering mengincar anak-anak; khususnya mereka yang masih berusia di bawah 10 tahun? Ya, penyakit yang dipicu oleh infeksi virus jenis Paramyxovirus ini ternyata memanfaatkan sistem kekebalan tubuh anak yang belum berfungsi sempurna. Jangan lengah! Jika tidak segera ditangani, maka gondongan dapat meningkatkan risiko anak terkena komplikasi lain, seperti gangguan pendengaran, pembengkakan testis, pankreatitis, hingga meningitis yang bisa berujung pada kematian. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk mencegah kemungkinan buru tadi?

Segera praktikkan cara obati gondongan khas Go Dok berikut ini:

1. Istirahat cukup

Cara obati gondongan yang pertama adalah dengan memastikan bahwa buah hati mendapatkan istirahat yang cukup. Memang, si kecil mungkin akan merengak dan memaksa Anda untuk membiarkannya main keluar. Tapi, ingat! Dengan memastikan bahwa anak tidak terlalu banyak bergerak, Anda secara tidak langsung telah menekan risiko bertambah parahnya gondongan. Jadi, jangan mudah luluh pada rengekan buah hati, ya!

2. Banyak minum air

Selanjutnya, pastikan bahwa anak minum air putih dalam jumlah yang cukup selama menderita gondongan. Mengapa? Karena asupan cairan yang baik dapat turut meredakan demam serta mencegah risiko timbulnya dehidrasi.

3. Mengompres kepala dan pembengkakan kelenjar

Saat terkena gondongan, ciri utama yang akan langsung terlihat adalah munculnya pembengkakan pada kelenjar ludah yang terletak di bagian bawah telinga, atau sudut rahang. Nah, sebagai cara obati gondongan, Anda dapat mengompres bagian yang membengkak dengan menggunakan kantung es batu atau lap yang sudah dicelupkan ke air dingin.  Selain efektif untuk meredakan peradangan, cara ini juga ampuh untuk menurunkan demam anak, lho!

(Baca: Sudah Cukupkah Air yang Anda Minum Setiap Hari?)

4. Mengonsumsi makanan halus

Cara obati gondongan yang selanjutnya adalah dengan memberikan anak makanan yang bertekstur halus. Karenanya, ubah sajian pangan Anda dan ganti dengan makanan yang berkuah dan mudah ditelan, seperti sup, yoghurt, atau bubur. Tujuannya adalah untuk meredakan pembengkakan sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul saat menelan dan mengunyah.

5. Hindari makanan asam

Ingin gondongan cepat sembuh? Maka, hindarilah konsumsi bahan pangan yang bercita rasa masam. Mengapa? Sebab, bahan pangan seperti mangga dan cuka dapat membuat kelenjar ludah (penghasil air liur) yang sudah membengkak terasa lebih sakit.

6. Manfaatkan belimbing wuluh

Tahukah Anda, bahwa belimbing wuluh sudah dipercaya sejak lama dapat dijadikan sebagai cara obati gondongan? Untuk penggunaannya, Anda dapat menghaluskan 10 buah belimbing wuluh dan 4 siung bawang putih. Campur hingga merata, lalu oleskan ke bagian tubuh yang mengalami pembengkakan. Diamkan selama beberapa saat sebelum membilasnya dengan air bersih.

(Baca: Manfaat Kunyit yang Tak Terduga)

7. Gunakan campuran kunyit dan kencur

Kencur dan kunyit, keduanya secara tradisional dipercaya dapat mengatasi gondongan. Cara membuatnya pun sangatlah mudah. Anda cukup menyiapkan:

  • Air 700 ml ( 3 gelas)
  • Kunyit 20 gr
  • Kencur 10 gr
  • Temulawak 20 gr
  • Adas 5gr
  • Tapak dara 10 gr
  • Temu ireng 10 gr

Setelah mencuci semuanya, rebuslah bahan-bahan di atas hingga mendidih. Tunggu beberapa saat hingga air rebusan menyusut setengahnya, lalu saring dan minum selagi hangat. Lakukan langkah ini sebanyak dua kali sehari (pagi dan malam) untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah, itu dia beberapa cara obati gondongan. Semoga bermanfaat, ya!