Cara Obati Bintitan Dijamin Mudah dan Efektif; Coba Nomor 3!

cara obati bintitan
Bintitan dipicu oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang dapat menyebar melalui udara. Tahukah Anda cara obati bintitan? Yuk, simak!

GoDok – Cara obati bintitan – Bintitan; banyak yang menyangkutpautkannya dengan kebiasaan mengintip orang lain ketika mandi. Benarkah seperti itu? Nyatanya, bintitan dipicu oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang dapat menyebar melalui udara. Lantas, adakah cara obati bintitan yang tidak hanya mudah, namun juga efektif? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini!

1. Kompres air hangat

Cara obati bintitan yang pertama adalah dengan mengompres mata yang terinfeksi menggunakan air hangat selama 10 – 15 menit setiap harinya. Tujuannya tidak lain untuk meredakan inflamasi, mengurangi rasa sakit, sekaligus mempercepat proses pematangan bintit mata.

Caranya, celupkan handuk kecil ke air hangat, lalu peras dan tempelkan di mata yang bermasalah. Lakukan kebiasaan ini minimal 4 kali sehari hingga bintitan pecah dengan sendirinya.

2. Manfaatkan daun sirih

Selanjutnya, sebagai cara obati bintitan dengan menggunakan daun sirih. Memang terdengar aneh, namun senyawa anti-bakteri yang terkandung di dalam daun sirih terbukti dapat menghambat penyebaran bakteri.

Caranya, rebus 5-7 lembar daun sirih dan gunakan air rebusannya untuk mengompres mata yang bintitan. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas kembali menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal ini setiap hari hingga peradangan pada mata sembuh.

3. Gunakah teh hijau celup

Cara obati bintitan yang lain adalah dengan menggunakan teh hijau celup. Tahukah Anda, bahwa teh hijau mengandung senyawa antibakteri yang ampuh menyembuhkan bintitan? Karenanya, jangan langsung buang teh hijau celup bekas Anda, ya!

Jika tertarik menggunakan cara ini, maka siapkan teh hijau celup bekas (kantung teh tidak boleh diangin-angin lebih dari 1 menit). Lalu, tempelkan secara hati-hati pada bagian mata yang terkena bintit dan biarkan selama 5 – 10 menit.

(Baca: Mengenal Jenis Teh dan Khasiatnya)

4. Lindungi kebersihan mata

Satu hal yang tidak boleh disepelekan oleh penderita bintitan adalah kebersihan mata. Karena bukan merupakan kondisi medis yang serius, penderita bintitan masih bisa beraktivitas secara leluasa. Namun, pastikan bahwa mata Anda terlindung dari paparan asap dan debu halus dengan cara mengenakan kacamata atau topi pelindung.

Lebih lanjut, penderita bintitan juga dilarang mengenakan lensa kontak; atau mengucek mata tanpa membasuh tangan terlebih dahulu. Mengapa? Karena 2 hal ini terbukti dapat menghambat proses penyembuhan.

5. Hindari aktivitas mata berlebihan

Saat terkena bintitan, usahakan untuk tidak membaca, menonton TV, atau menatap layar gadget terlalu lama. Penyebabnya tidak lain karena mata yang lelah justru akan memperparah bintitan.

6. Minum obat pereda nyeri dan anti-peradangan

Cara obati bintitan yang terakhir adalah dengan mengonsumsi obat anti nyeri atau anti-inflamasi. Cara ini hanya boleh ditempuh jika Anda sudah tidak tahan lagi dengan sensai nyeri dan perih akibat bintitan. Tapi, ingat! Setelah rasa nyeri reda, segera hentikan penggunaan obat-obatan demi menghindari kecanduan.

(Baca: Amankah Mengonsumsi Obat Tanpa Resep Dokter?)

Nah, itu dia beberapa cara obati bintititan yang mudah dan efektif.  Semoge bermanfaat!