Cara Mudah Obati Gusi Bengkak; Dijamin Cepat dan Efektif!

cara mudah obati gusi bengkak

GoDok – Cara mudah obati gusi bengkak – Pernahkah Anda mengalami momen di mana gusi membengkak sehingga proses mengunyah dan mengecap rasa makanan jadi terhambat? Menyebalkan, bukan?

Pulihkan kembali kesehatan gusi Anda dengan mempraktikkan 5 cara mudah obati gusi bengkak berikut ini

1. Perbanyak asupan vitamin C dan D

Cara mudah obati gusi bengkak yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi bahan pangan yang kaya akan vitamin C dan D. Mengapa? Karena kombinasi dua vitamin inilah yang dapat meredakan peradangan sekaligus mengembalikan kesehatan gusi.

Lantas, apa saja yang termasuk ke dalam bahan pangan sumber vitamin C dan D? Berikut poin lengkapnya:

  • Vitamin C: Lemon, anggur, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, strawberry, dll.
  • Vitamin D: Telur, tempe, tahu, ikan, susu kedela, jamur, tiram, udang, dll.
2. Kumur dengan air garam

Sejak jaman dahulu, air garam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai keluhan medis; termasuk gusi bengkak. Tidak mengeherankan, sebab dalam air garam terkandung senyawa anti-bakteri dan anti-inflamasi yang berkhasiat untuk meredakan nyeri sekaligus membunuh bakteri pemicu gusi bengkak.

Caranya, tambahkan 1 sdt garam ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga merata. Gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur sebanyak 4-5 kali sehari. Ingat, lakukan kebiasaan ini secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang optimal, ya!

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

3. Minum air putih

Cara mudah obati gusi bengkak yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih. Ya, sudah banyak studi yang mengemukakan bahwa konsumsi air putih sebanyak 2-3 liter per hari terbukti dapat mencegah pembentukan plak pemicu gusi bengkak.

Selama menderita gusi bengkak, Anda diwajibkan untuk menghindari minuman bercita rasa manis, seperti soda dan minuman kaleng lainnya. Mengapa? Karena kandungan gula di dalamnya justru dapat memperparah kondisi gigi serta menghambat proses penyembuhan gusi.

4. Jangan stres!

Jarang yang mengetahui bahwa kondisi psikologis Anda juga turut memengaruhi kesehatan gusi. Faktanya, ketika Anda mengalami stres atau depresi, sistem imun akan melemah sehingga tubuh lebih rentan terkena infeksi bakteri, virus, dan jamur pemicu berbagai keluhan medis; termasuk gusi bengkak.

Karenanya, jika ingin gusi kembali sehat seperti sedia kala, pastikan bahwa Anda sedang tidak mengalami stres. Banyak cara yang dapat dicoba untuk merelaksasi pikiran, lho! Mulai dari piknik bersama keluarga hingga mencoba berbagai jenis olahraga, seperti yoga dan meditasi.

(Baca: Kurangi Stres Dengan Berendam dalam Bathtub)

5. Buat ramuan alami

Cara obati gusi bengkak yang terakhir adalah dengan membuat ramuan dari bahan herbal di sekitar Anda. Penasaran? Simak poin lengkapnya berikut ini!

  • Madu; caranya, oleskan madu ke gusi yang bengkak setiap kali habis menggosok gigi. Ingat, pilih madu alami; bukan madu yang mengandung pemanis buatan!
  • Baking soda; caranya, campurkan 1-2 sdm baking sodadengan air secukupnya, aduk hingga membentuk pasta. Oleskan campuran ini ke gusi yang bengkak dan diamkan beberapa saat sebelum dibasuh dengan air bersih.
  • Bawang merah; caranya, haluskan beberapa siung bawang merah dengan garam secukupnya. Lalu, oleskan ke gusi yang bermasalah.
  • Kantung teh; caranya, tempelkan kantung teh yang baru digunakan ke gusi yang bengkak selama 5-7 menit. Lakukan kebiasaan ini minimal 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Jeruk nipis atau lemon; caranya, peras jeruk nipis atau lemon, lalu campurkan ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan ini untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari sampai keadaan gusi membaik.

Itu tadi 5 cara mudah obati gusi bengkak yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!