Cara Merawat Puting Susu yang Harus Wanita Ketahui

cara merawat puting susu

Go Dok- Cara merawat puting susu- Bagi kaum hawa, puting susu merupakan bagian tubuh yang bisa dibilang sangat penting. Pasalnya, bagian ini dapat dikatakan sangat sensitif, baik terhadap rangsangan maupun luka trauma dari lingkungan luar tubuh. Tak hanya itu, ketika telah melahirkan dan memiliki bayi, puting susu tentu sangat berperan penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si buah hati. Namun, ternyata banyak hal yang dapat membuat kulit puting luka dan mengelupas, mulai dari lotion, sabun mandi, sabun cuci, hingga bra yang tidak sesuai.

Nah, terkait dengan peran pentingnya tersebut, puting susu seorang wanita harus dijaga dengan baik kesehatannya. Cara apa sajakah yang dapat ditempuh guna menjaga kesehatan dan merawat puting susu Anda?

Yuk, simak cara merawat puting susu lengkapnya berikut!

1. Gunakan pelembap

Karena cuaca yang panas dan iklim yang kering, puting susu Anda pun bisa ikut menjadi kering. Nah, untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Anda mengoleskan pelembap secara teratur pada bagian payudara sekaligus puting susu Anda. Saat berada di pantai atau tengah pesiar di lautan, ada baiknya Anda juga menambahkan sunscreen pada dada dan puting. Pasalnya, hal ini dapat mencegah bagian tersebut terkena kanker kulit. Jadi, jangan malas, ya!

2. Bersihkan dengan air hangat

Salah satu cara merawat puting susu Anda adalah dengan membersihkannya secara teratur. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk membersihkannya menggunakan sabun mandi. Pasalnya, puting Anda bisa menjadi kering dan pecah-pecah, bahkan terasa perih jika terlalu sering dibersihkan dengan sabun. Untuk membersihkan puting susu, Anda cukup membasuhnya dengan air hangat setelah mandi. selain air hangat, Anda dapat pula memanfaatkan handuk yang telah dibasahi air hangat. Hal ini akan menjaga puting susu Anda tetap bersih dan sehat untuk si buah hati nantinya.

3. Manfaatkan minyak

Tidak sembarang minyak yang bisa digunakan, untuk mengaplikasikan cara merawat puting susu, Anda dapat menggunakan minyak zaitun, minyak kelapa, atau baby oil. Dengan mengoleskan minyak-minyakan secara teratur dapat menjaga agar puting tetap menonjol. Tentu hal ini penting bagi Anda yang tengah mengandung dan akan segera melahirkan si buah hati. Oleskan minyak-minyakan dan pijat masing-masing puting Anda dengan gerakan memutar bolak-balik ke arah berlawanan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Oleskan madu murni

Saat tengah menyusui bayi, tentu ada beberapa di antara Anda yang mendapatkan gigitan-gigitan kecil di area puting. Terkadang, gigitan si buah hati bisa menimbulkan rasa perih bahkan luka-luka. Nah, untuk merawat puting susu Anda hingga sembuh, salah satu bahan alami yang disarankan adalah madu murni. Menurut hasil penelitian dari University of Auckland, New Zealand, di tahun 2009, madu murni efektif dalam menyembuhkan puting susu yang terluka dan terasa nyeri akibat menyusui. Oleskan madu secara rutin saat Anda sedang tidak menyusui si kecil, dan bersihkan saat akan menyusui untuk hasil yang optimal.

5. Manfaatkan kantung teh

Terakhir, Cara merawat puting susu Anda adalah dengan memanfaatkan kantung teh yang lembap. Pasalnya, kantung teh yang hangat dan lembap dapat membuat nyaman puting susu jika sedang nyeri dan terluka akibat menyusui. Tak hanya itu, kantung teh juga membantu dalam menjaga kelembapan puting susu agar kulit di sekitarnya tidak kering.

Nah, itu dia 5 cara merawat puting susu secara alami yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Nikmati ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.