Cara Merawat Penis yang Harus Diketahui Pria

cara merawat penis

GoDok- Cara merawat penis- Teruntuk para pria; ayo, ngaku! Seberapa sering Anda melakukan perawatan yang ditujukan khusus untuk penis? Mungkin, sebagian dari Anda menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tidak penting. Padahal, penis yang tidak terawat seringkali menjadi sumber infeksi penyakit menular seksual, lho! Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Yuk, praktikkan 8 cara merawat penis berikut ini!

1. Sunat

Cara merawat penis yang pertama adalah dengan sunat. Seperti yang telah Anda ketahui, sunat merupakan prosedur bedah yang dilakukan untuk membuang kulup penis. Meskipun terdengar sederhana, namun sunat nyatanya dapat menghindarkan penis dari infeksi bakteri anaerob. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi untuk tidak sunat, bukan?

2. Bersihkan penis secara teratur

Selanjutnya, Anda para pria juga dianjurkan untuk membersihkan penis secara teratur –setidaknya dua kali sehari setiap kali mandi. Mulailah dengan menggosok lembut bagian kepala penis, lalu berlanjut ke batang dan buah pelir. Kebiasaan ini ditujukan untuk membuang smegma dan kulit mati yang bisa saja memicu iritasi.

3. Periksa kondisi skrotum

Tahukah Anda, bahwa skrotum yang jarang dibersihkan dapat memicu bau yang tidak sedap?  Alasannya tidak lain karena keringat pada alat kelamin akan menumpuk dan mengumpul di sekitar skrotum. Jadi, jika tidak dibersihkan, bagian ini akan menjadi lembap dan rentan ditumbuhi bakteri serta jamur.

4. Rawat bulu kemaluan

Ayo, ngaku! Seberapa sering Anda mencukur bulu kemaluan? Jangan anggap sepele, ya! Karena bulu kemaluan yang tidak dirawat terbukti dapat meningkatkan kelembapan di sekitar alat kelamin. Selain itu, bulu kemaluan yang dibiarkan tumbuh ‘subur’ juga kerap menjadi alasan turunnya gairah seksual pasangan, lho! Mengejutkan!

5. Ejakulasi teratur

Cara merawat penis yang selanjutnya adalah dengan ejakulasi atau masturbasi secara teratur. Mungkin hal ini terdengar aneh di telinga Anda; namun, ejakulasi teratur terbukti dapat memperlancar sirkulasi darah di penis.

6. Berhenti merokok

Selain memicu impotensi, kebiasaan merokok juga akan memicu penurunan kualitas sperma sekaligus memperlambat laju peredaran darah di penis. Karenanya, yuk, hentikan kebiasaan merokok!

7. Menerapkan seks sehat

Mungkin banyak pria yang menyangka bahwa penggunaan kondom atau alat kontrasepsi lainnya hanya bertujuan untuk mencegah kehamilan saja. Padahal, praktik seks sehat ini juga turut berperan aktif dalam menjaga kesehatan penis Anda, lho! Kondom misalnya; alat kontrasepsi yang satu ini berfungsi untuk menurunkan risiko penis terkena penyakit yang berasal dari organ intim pasangan. Hebat, bukan?

8. Minum banyak air

Cara merawat penis yang terakhir adalah dengan banyak minum air mineral. Ya, para ahli percaya bahwa langkah ini efektif untuk membuang zat dan senyawa berbahaya dari tubuh. Jadi, jangan malas minum air putih, ya!

Itu tadi 8 cara merawat penis yang dapat dipraktikkan oleh pria. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar seks lainnya? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk konsultasikan seputar tipsnya dengan dokter Go Dok, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.