Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

www.go-dok.com

GoDok – Walaupun menyenangkan, memiliki buah hati yang masih balita bukanlah perkara mudah terlebih dalam merawat kesehatan kulitnya. Kulit si kecil sangat sensitif dan mudah iritasi, tak heran jika diperlukan kehati-hatian dalam merawatnya.

Seth Orlow, M.D., Ph.D, seorang profesor spesialis kulit anak mengatakan kulit anak di bawah usia 3 tahun lebih sensitif terhadap cahaya, suhu, kelembapan, dan kekeringan. Jika tidak dilindungi dan diberi perawatan khusus, buah hati akan lebih rentan terhadap iritasi, seperti bentol dan ruam. Lalu, bagaimana cara merawat kulit si kecil yang baik dan benar? Ini dia beberapa solusi yang dapat Anda praktikkan:

1. Gunakan produk khusus bayi

Pilihlah produk yang dirancang dan dikhususkan bagi kulit bayi. Kenapa? Karena produk jenis ini mengandung sedikit bahan kimia sehingga tidak menyebabkan alergi kulit.

2. Gunakan spons mandi

Bagi bayi yang baru lahir, disarankan untuk tidak memandikan si kecil di bak mandi. Cukup gunakan spons khusus bayi mandi untuk membasuh tubuhnya.

3. Mandi 2 kali sehari

Karena suhu di Indonesia seringkali cukup panas dan lembab, Anda disarankan untuk memandikan si kecil 2 kali sehari. Ini untuk menghindari timbulnya ruam karena meningkatnya produksi keringat bayi.

4. Hindari paparan sinar matahari langsung

Bayi yang berusia di bawah 6 bulan sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung, hal ini dikarenakan lapisan kulit bayi lebih sensitif dibandingkan dengan orang dewasa. Jika Anda ingin mengajaknya ke luar rumah, gunakanlah pelindung terutama pada daerah-daerah sensitif, seperti kepala, hidung, telinga, leher, dan tangan.

5. Bijak dalam memilih popok bayi

Pastikan si kecil merasa nyaman dengan popok yang ia gunakan. Jika muncul bentol-bentol kemerahan, segera ganti popok agar kondisi kulit tidak bertambah parah. Selain itu, juga disarankan untuk memberi jeda penggunaan popok dan menggantinya dengan handuk lembut agar pori-pori kulit di area yang tertutup popok dapat ‘bernapas’.

6. Rajin menggunakan krim bayi

Krim bayi yang kaya akan zinc oxide dapat menjaga kelembapan kulit si buah hati. Hasilnya, kulit bayi akan terlihat lebih sehat dan segar.

Baca artikel mengenai bahan alami lebatkan rambut bayi, klik di sini.

 

Tinggalkan Balasan