Cara mengontrol Kadar Kolesterol Selama Lebaran

cara mengontrol kadar kolesterol

 

Hati-hati! Dengan menu makanan lebaran yang mengandung kolesterol tinggi. Berikut cara mengontrol kolesterol Anda 

GoDokCara Mengontrol Kadar KolesterolKala Lebaran menjelang, Anda yang merayakannya tentu sudah merencanakan berkumpul dengan sanak saudara, handai-taolani, serta tetangga-tetangga. Di hari raya, seluruh pintu rumah terbuka, menawarkan Anda untuk mampir dan mencicipi barang sepiring menu serta kue lebaran mereka. Di Indonesia, terdapat menu-menu khas Lebaran yang unik, seperti ketupat, opor ayam, rendang basah, serta berbagai lauk-pauk lainnya. Terlihat lezat? Tentu saja.

Namun, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, makanan-makanan seperti yang telah disebutkan di atas mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Sebab, Anda cenderung ingin balas dendam atas waktu-waktu tanpa makanan yang dijalani ketika berpuasa. Dr. Nurul Ratna Manikam, SpGK, seorang spesialis gizi klinik RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan bahawa pasca-Lebaran, banyak pasien yang datang dengan keluhan berupa masalaah pencernaan, kolsterol, dan asam urat.

Sebenarnya, hal-hal ini wajar saja dikonsumsi ketika hari raya, asalkan Anda tahu cara mengontrolnya. Lalu, bagaimana cara mengontrol kadar kolesterol selama Lebaran? Simak tips jitunya berikut ini :

Cara Mengontrol Kadar Kolesterol

1. Konsumsi sayur dan buah

Cara mengontrol kadar kolesterol selama Lebaran yang pertama adalah dengan mengimbangi asupan lemak dengan sayur dan buah. Sayuran hijau dan buah-buahan segar mengandung serat yang dapat mengikat lemak dan membuangnya. Tak hanya itu, konsumsi sayur dan buah juga dapat mencegah naiknya asam lambung dan terjadinya maag. Jadi, setelah melahap makanan berlemak tinggi di hari raya, jangan lupa untuk mengonsumsi buah juga, ya!

2. Konsumsi kacang-kacangan

Cara mengontrol kadar kolesterol selama Lebaran yang kedua adalah mengonsumsi makanan penetral kolesterol, salah satunya adalah kacang-kacangan. Makanan yang mengandung kacang kedelai dan kacang polong dapat menetralkan kadar kolesterol tinggi yang telah Anda asup sebelumnya. Begitu pula dengan kacang merah dan kacang hijau yang dapat Anda buat dengan mudah.

(Baca: 10 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan)

3. Sarapan sehat

Di Indonesia, Lebaran kerap dirayakan dua hari, di mana keduanya penuh dengan berbagai makanan berlemak. Nah, usahakanlah untuk mengonsumsi sarapaan sehat yang terbuat dari gandum pada dua hari itu dan seminggu setelahnya. Pasalnya, Kandungan betaglucan yang tinggi pada gandum dapat menekan kadar kolesterol dalam darah. Nah, anganan gandum sehat yang dapat Anda coba adalah roti gandum, oatmeal, dan sereal kaya-gandum.

4. Banyak beraktivitas fisik

Selanjutnya, cara mencegah kadar kolesterol selama lebaran adalah dengan banyak beraktivitas fisik. Kadar kolesterol di dalam tubuh Anda ternyata bisa dibakar dengan berolahraga. Berdasarkan pengamatan para ahli, berolahraga selama 40 menit per hari dapat membantu Anda mengurangi kadar kolesterol tubuh sebanyak 5 – 10%. Untuk itu, Anda dapat menjalankan olahraga selama 30 – 40 menit di sore hari setelah kegiatan silaturahmi Lebaran selesai. Atau, Anda dapat pula melaakukaannya di paagi hari, setelah menjalankan ibadah subuh. Jika tak ingin berolahraga berat, olahraga ringan pun dapat Anda lakukan, seperti berjalan kaki cepat atau beryoga. Mudah, bukan?

(Baca: 5 Manfaat Senam Pagi yang Tidak Boleh Disepelekan)

5. Batasi asupan makanan berlemak

Cara mengontrol kadar kolesterol selama lebaran yang terakhir adalah dengan menahan diri Anda untuk memakan semua panganan berlemak yang ditawarkan di hari raya. Tentu Anda tahu mana makanan berlemak dan tidak. Hindarilah terlalu banyak mengonsumsinya, dan jangan merasa bahwa Anda harus “balas-dendam” terhadap waktu-waktu puasa.

Nah, itu dia 5 tips sederhana sebagai cara mengontrol kadar kolesterol selama Lebaran, yang harus Anda ketahui. Selamat Hari Raya! Semoga bermanfaat.