Cara Mengontrol Diabetes dengan Tes ABC

cara mengontrol diabetes

Go Dok- Cara mengontrol diabetesMengontrol diabetes tidaklah sesulit yang Anda bayangkan, semudah melafalkan A-B-C. Terdapat 3 hal yang perlu perhatikan dalam mengontrol diabetes agar tidak menimbulkan komplikasi yang dapat berdampak buruk pada kesehatan anda. Apa saja, ketiga hal tersebut?

Simak penjelasan cara mengontrol diabetes dengan tes ABC dari Go Dok berikut ini!

A1C

Cara mengontrol diabetes yang pertama dengan tes A1C atau HbA1C adalah tes yang mengukur jumlah rata-rata gula dalam darah dalam kurun waktu 2-3 bulan. Tes ini berbeda bukan untuk menggantikan tes gula darah sehari-hari Anda, namun digunakan untuk membantu dokter menentukan penanganan terbaik untuk diabetes yang Anda miliki. Pada kebanyakan orang yang mengidap diabetes, angka normal tes A1C berada di bawah 7%.

Menurut informasi yang dilansir DiabetesSelfManagement.com, perubahan kecil pada angka A1C pada tubuh Anda akan meningkatkan risiko Anda mengalami komplikasi dari diabetes. Contohnya, hanya dengan mengurangi A1C sebanyak 1%, Anda dapat mengurangi risiko terkena seluruh komplikasi yang terkait sebanyak 30-35% dan ri8siko terkena serangan jantung sebanyak 18%. Sedangkan, kenaikan sebanyak 1% di atas angka 7% pada tes A1C, akan menggandakan risiko Anda mengalami berbagai macam komplikasi. Cara-cara untuk mempertahankan tingkat A1C yang baik adalah dengan melakukan hal-hal seperti berikut ini:

  • Berat badan yang baik
  • Pola diet yang baik
  • Kegiatan fisik yang rutin
  • Manajemen stres yang benar
  • Obat-obatan yang menurunkan kadar gula dalam darah, misalnya insulin (jika diperlukan dan diresepkan oleh dokter).
Blood Pressure

Cara mengontrol diabetes yang kedua dengan tes blood pressure atau tekanan darah adalah tekanan aliran darah tubuh Anda terhadap dinding pembuluh darah. Jika tekanan aliran darah terhadap dinding pembuluh darah Anda terlalu tinggi, atau biasa disebut sebagai hipertensi, itu akan menyebabkan beban yang diberikan terhadap jantung Anda menjadi terlalu berat. Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan serangan jantung, stroke, serta kerusakan pada ginjal dan mata.

Tekanan darah yang ideal untuk orang dengan diabetes, menurut informasi yang dilansir dari Steps to Manage Your Diabetes for Life oleh Center for Disease Control and Prevention atau CDC, adalah 140/90 mm/Hg. Angka atas (140) adalah tekanan saat jantung berkontraksi dan memompa darah atau biasa disebut dengan tekanan sistolik, sedangkan angka bawah (90) adalah tekanan saat jantung beristirahat di antara detakan atau biasa disebut dengan tekanan diastolik. Salah satu cara untuk menjaga tekanan darah agar tidak terlalu tinggi adalah dengan rutin meminum obat-obatan yang diberikan dokter untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga gaya hidup yang baik.

Cholesterol

Cara mengontrol diabetes dengan tes Cholesterol Anda pasti sudah sering mendengar apa itu kolesterol, bukan? Kolesterol adalah lemak yang Anda miliki di dalam darah dan sel tubuh Anda. Menurut informasi yang dilansir dari DiabetesGps.ca, terdapat 2 jenis kolesterol, yaitu:

  • LDL (low-density lipoprotein) atau yang sering disebut sebagai ‘kolesterol jahat’. Jumlah LDL yang tinggi di dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.
  • HDL (high-density lipoprotein) atau yang sering disebut sebagai ‘kolesterol baik’. Jumlah HDL yang tinggi di dalam tubuh akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Target angka kolesterol untuk orang dengan diabetes adalah di bawah 100 mg/dl untuk LDL dan di atas 40 mg/dl untuk HDL. Anda tentunya harus tetap berkonsultasi dengan dokter Anda untuk menentukan target angka kolesterol yang tepat. Untuk menjaga angka kolesterol tetap rendah, salah satunya adalah dengan cara menjaga asupan makanan anda, dengan memilih makanan dengan lemak jenuh dan lemak trans yang rendah, berkolesterol rendah, serta berserat tinggi.

Itu tadi merupakan cara mengontrol diabetes dengan tes ABC. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.