Cara Mengobati Bronkitis yang Dapat Dicoba di Rumah

Cara mengobati bronkitis

GoDok- Cara mengobati bronkitis- Apakah ada anggota keluarga atau kerabat yang menderita bronkitis; atau, malah Anda sendiri? Sejatinya, bronkitis merupakan kondisi medis yang ditandai dengan meradangnya saluran bronchus pada paru-paru. Inilah yang kemudian memicu timbulnya beberapa gejala, seperti sesak napas, keluarnya suara mengi, hingga demam. Lantas, apa yang baiknya dilakukan untuk mengobati penyakit ini?

Selain dengan menempuh jalur pengobatan medis, Anda juga bisa mempraktikkan beberapa cara mengobati bronkitis di rumah. Penasaran? Simak penjelasan Go Dok berikut ini!

1. Memperbanyak minum air putih

Cara mengobati bronkitis yang pertama adalah dengan memperbanyak minum air putih. Mungkin Anda akan bertanya-tanya, “Apa hubungannya bronkitis dengan konsumsi air putih?”. Jawabannya adalah karena tubuh yang terhidrasi terbukti mampu mengikis lapisan lendir pada saluran bronkial. Selain itu, konsumsi air putih juga berkhasiat untuk menggantikan cairan yang hilang selama tubuh mengalami masalah peradangan pada paru. Jadi, masih enggan minum air putih?

2. Penguapan

Merasa sangat terganggu dengan suara mengi dan sesak napas akibat bronkitis? Maka, segera atasi dua hal tersebut dengan mencoba teknik penguapan di rumah. Mudah, kok, cara mempraktikannya! Anda cukup menyediakan handuk, minyak esensial, dan air hangat yang dituang ke dalam baskom. Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air hangat, lalu bungkukkan kepala Anda sedemikian rupa sehingga uapnya dapat langsung terhirup oleh hidung. Agar uap tidak naik ke segala arah, dianjurkan untuk menutupi kepala Anda dengan handuk yang telah disiapkan sebelumnya. Tertarik mencoba?

3. Istirahat total

Ternyata, Anda dapat mempercepat proses penyembuhan bronkitis dengan cara beristirahat total di rumah. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Sleep Journal Foundation pada tahun 2015 yang mengemukakan bahwa istirahat (termasuk tidur) yang cukup terbukti dapat meningkatkan resistensi tubuh terhadap serangan penyakit.

4. Berkumur menggunakan air garam

Jarang yang mengetahui bahwa berkumur menggunakan air garam merupakan salah satu cara untuk meredakan gejala bronkitis. Lho, kok bisa? Penyebabnya tidak lain karena dalam garam terkandung senyawa anti-bakteri dan antiseptik.

5. Mengonsumsi sup hangat

Cara mengobati bronkitis yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sup ayam hangat. Faktanya, sup ayam hangat terbukti dapat meminimalisir dampak buruk akibat peradangan paru sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengahalau infeksi penyakit lainnya.

6. Berhenti merokok

Yakin tetap ingin merokok padahal sudah terbukti menderita bronkitis? Faktanya, dalam asap rokok terkandung banyak zat iritan yang dapat memperparah kondisi paru-paru Anda. Eits, jangan salah! Selama menderita bronkitis, Anda juga dianjurkan untuk menjauhi tempat yang sering terpapar asap pabrik, asap knalpot, atau bentuk pencemaran udara lainnya.

7. Kompres hangat

Banyak penderita bronkitis yang mengeluhkan rasa sakit pada dada akibat terlalu sering batuk. Nah, jika Anda mengalami hal yang sama, maka segera atasi kondisi tersebut dengan mengompres dada menggunakan handuk atau bantal hangat. Cara ini dijamin ampuh untuk melegakan sekaligus mengurangi rasa sakit. Tertarik mencoba?

8. Mencoba bahan alami

Cara mengobati bronkitis yang terakhir adalah dengan mencoba konsumsi beberapa bahan alami, seperti:

Dalam jahe terkandung senyawa ekspektoran yang dapat merangsang sekresi zat asing dalam tubuh. Selain itu, konsumsi jahe juga dipercaya dapat memberikan efek meredakan peradangan pada saluran perndapasan.

Jangan ragu untuk mencoba kombinasi lemon dan madu saat bronkitis kambuh. Mengapa? Karena dua bahan ini sudah dipercaya sejak lama dapat menghalau bakteri sekaligus membasmi zat asing dalam tubuh.

  • Nanas

Nyatanya, dalam buah nanas terkandung senyawa bromelain yang berkhasiat untuk meredakan peradangan -termasuk peradangan pada paru.

Itu tadi 8 cara mengobati bronkitis yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.