Cara Menghilangkan Keloid; Apa Saja? Berikut Daftar Lengkapnya!

Cara menghilangkan keloid

GoDok– Cara menghilangkan keloid- Keloid -kondisi kulit yang ditandai dengan pertumbuhan jaringan kulit yang berlebih- kerapkali menjadi alasan mengapa banyak wanita merasa tidak percaya diri ketika memutuskan untuk memakai pakaian minim. Padahal, hal ini bisa diatasi, lho!

Yuk, praktikkan 8 cara menghilangkan keloid berikut ini!

1. Madu

Cara menghilangkan keloid yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Dalam bahan alami yang satu ini terkandung senyawa yang dapat merangsang proses regenerasi kulit. Inilah yang membuat madu efektif digunakan untuk menyamarkan keloid.

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah. Cukup dengan mengoleskan madu ke keloid, lalu diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

2. Mentimun

Jarang yang mengetahui bahwa dalam mentimun terkandung vitamin C dan silika dalam jumlah yang tinggi. Nah, kombinasi keduanyalah yang terbukti secara medis dapat merangsang produksi kolagen pada kulit sehingga mempercepat proses penyembuhan keloid.

Caranya, haluskan 2-3 buah mentimun, lalu oleskan ke area yang bermasalah. Tunggu selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Mudah sekali!

3. Lemon

Tahukah Anda, bahwa kandungan vitamin C dalam lemon dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan keloid? Caranya, oleskan air perasan lemon ke keloid -setidaknya 2 kali dalam sehari. Jika dilakukan dengan rutin, niscaya cara ini akan membuat keloid hilang dengan segera.

4. Bawang merah & putih

Ternyata, dalam bawang merah dan putih terkandung senyawa bernama Quercetin yang berkhasiat untuk mencegah proliferasi fibroblast berlebih -yang notabene merupakan pemicu keloid. Tertarik mencoba? Caranya, potong bawang merah/putih menjadi dua bagian, lalu gosokkan ke keloid. Lakukan secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

5. Lidah buaya

Cara menghilangkan keloid yang selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Ya, banyak studi mengemukakan bahwa senyawa yang terkandung dalam lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk meredakan peradangan, memperbaiki jaringan kulit yang rusak, serta mengembalikan kelembapan kulit.

Caranya, sediakan 3-4 batang lidah buaya, lalu ambil gelnya. Oleskan gel ke keloid di pagi dan malam hari, dan tunggu 30 menit atau sampai gel meresap secara sempurna.

6. Cuka sari apel

Sama seperti halnya lemon, cuka sari aple juga dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan vitamin C -karenanya baik digunakan untuk menghilangkan keloid. Caranya, oleskan sari cuka apel sebanyak 3-4 kali sehari. Jika dilakukan dengan rutin, niscaya keloid akan memudar dengan segera.

7. Baking soda

Umumnya dikenal sebagai bahan pelengkap dalam proses membuat kue, baking soda ternyata dapat pula dimanfaatkan untuk menghilangkan keloid. Caranya, campurkan 1 sdt baking soda ke dalam segelas air, lalu aduk hingga merata. Oleskan larutan ini ke keloid minimal 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

8. Kantong teh

Cara menghilangkan keloid yang terakhir adalah dengan menempelkan kantong teh bekas ke keloid. Diamkan selama 10-15 menit, dan ulangi minimal 3 kali dalam sehari. Tertarik mencoba?

Itu tadi 8 cara menghilangkan keloid yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.