Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Jarang Diketahui Orang

cara menghilangkan bekas luka

 

GoDok- Cara menghilangkan bekas luka- Memiliki kulit yang mulus dan tanpa cela sudah pasti menjadi impian setiap orang -terutama kaum wanita. Tapi apa daya, karena satu dan banyak faktor, Anda tidak bisa menghindari timbulnya luka di kulit wajah dan badan. Tidak usah risau!

Yuk, kembalikan indahnya kulit Anda dengan mempraktikkan 8 cara menghilangkan bekas luka berikut ini!

1. Madu

Cara menghilangkan bekas luka yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Selain terbukti ampuh untuk menyamarkan bekas luka, madu juga berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri sekaligus merangsang proses regenerasi sel. Mau? Caranya, oleskan madu murni ke bekas luka, lalu tunggu selama 20-30 menit. Setelahnya, barulah bilas menggunakan air bersih.

2. Teh hijau

Mungkin, Anda hanya mengetahui manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan saja. Padahal, bahan alami ini juga terbukti dapat menyamarkan bekas luka, lho! Caranya, oleskan air seduhan teh hijau ke area yang bermasalah. Kandungan antioksidan Epigallocatechin Gallate (EGCG) di dalamnya dijamin dapat menyamarkan bekas luka dengan cepat.

3. Minyak zaitun

Selanjutnya cara menghilangkan bekas luka bisa coba dengan menggunakan minyak zaitun. Kandungan vitamin E yang tinggi di dalamnya dijamin dapat mempercepat proses regenerasi sel sekaligus meratakan kulit yang berparut. Caranya, oleskan minyak zaitun murni ke area kulit yang bermasalah , lalu tunggu selama 30 menit sebelum dibilas hingga bersih.  

4. Mentimun

Selain tinggi akan kandungan vitamin C dan potasium, mentimun juga terbukti secara medis mengandung silika –senyawa yang berkhasiat untuk merangsang produski kolagen pada kulit. Inilah yang membuat mentimun baik digunakan untuk megembalikan kondisi kulit pasca terkena luka.

Caranya, haluskan 2 buah mentimun menggunakan blender, lalu oleskan ke area yang bermasalah. Tunggu selama 30 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Jika dilakukan secara teratur, cara ini dijamin dapat membuat bekas luka memudar dengan cepat.

5. Daun pare

Cara menghilangkan bekas luka yang selanjutnya adalah dengan menggunakan daun pare Caranya, haluskan 7-10 lembar daun pare, lalu tambahkan tepung beras secukupnya; aduk hingga berbentuk pasta. Oleskan campuran ini di pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Lidah buaya

Selanjutnya, kembalikan indahnya kulit Anda dengan memanfaatkan lidah buaya. Ya, kandungan aloe vera di dalamnya telah dipercaya sejak lama dapat menghilangkan luka dengan cepat. Caranya, siapkan 2 batang lidah buaya, lalu belah menjadi dua. Ambil gel di dalamnya untuk kemudian di oleskan ke kulit yang bermasalah. Mudah sekali!

7. Lemon

Ternyata, tingginya kandungan vitamin C dalam lemon menjadikan buah yang satu ini patut masuk ke daftar obat alami sebagai cara menghilangkan bekas luka Anda. Caranya mudah sekali! Anda cukup mengoleskan air perasan lemon ke bekas luka, lalu tunggu hingga mengering. Lakukan kebiasaan ini secara teratur jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

8. Minyak kelapa

Cara menghilangkan bekas luka yang terakhir adalah dengan mengoleskan minyak kelapa ke bekas lupa. Walau terdengar sederhana, namun cara ini dijamin ampuh mengembalikan kulit Anda seperti sedia kala.

Itu tadi 8 cara menghilangkan bekas luka yang patut Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.