Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air, Bagaimanakah?

cara mengatasi telinga kemasukan air

Go Dok- Cara mengatasi telinga kemasukan air- Tentu banyak dari Anda yang pernah mengalami kejadian di mana telinga kemasukan sejumlah air. Hal ini lumrah terjadi saat Anda tengah mandi, berendam, atau berenang. Apalagi jika Anda tidak terbiasa menggunakan penutup kepala atau penyumbat telinga saat melakukan olahraga renang. Nah, beberapa dari Anda biasanya akan memilih mengatasi hal ini dengan mengorek telinga menggunakan cotton bud. Hati-hati! Cara ini justru dapat membuat kapas cotton bud tersangkut di telinga, lho!

Ini dia cara mengatasi telinga kemasukan air yang bisa Anda praktikkan!

1. Lap dengan handuk

Cara  mengatasi telinga kemasukan air pertama adalah dengan mengelapnya menggunakan handuk yang kering dan bersih. Lap bagian permukaan dalam telinga Anda dengan handuk secara perlahan, untuk mencegahnya masuk ke bagian dalam telinga. Ingat, jangan mengelap dengan gerakan mendorong atau mengulik lubang telinga Anda, karena hal itu justru dapat mendorong air masuk lebih dalam.

2. Miringkan kepala Anda

Cara selanjutnya dalam mengatasi telinga kemasukan air adalah dengan memiringkan kepala ke sisi telinga yang tengah kemasukan air. Goyangkan sedikit kepala Anda agar air yang terjebak di dalam telinga perlahan keluar. Jika perlu, berbaringlah miring untuk mempermudahnya keluar. Setelah menggoyangkan kepala, goyangkan pula kuping telinga Anda agar air lebih mudah keluar. Jangan lupa untuk selalu mengelap air yang keluar dengan handuk, ya.

3. Gunakan kompres hangat

Jika tak berhasil juga, Anda dapat praktikkan cara mengatasi telinga kemasukan air dengan menggunakan kompres handuk hangat. Caranya, celupkan sebuah handuk kecil ke dalam air panas, dan peras hingga lembap. Miringkan kepala Anda, kemudian kompres bagian luar telinga menggunakan kompres handuk tersebut. Diamkan selama 30 detik, dan angkat kompres selama 1 menit. Uap panas dari kompres akan merangsang air yang terjebak di dalam telinga untuk keluar. Ulangi langkah ini hingga air tidak lagi tersisa di telinga Anda.

4. Manfaatkan blow dryer

Anda dapat pula memanfaatkan blow dryer untuk mengatasi telinga kemasukan air, jika memilikinya di rumah. Caranya, nyalakan blow dryer Anda pada suhu terendah, lalu pegang agak jauh dari telinga Anda yang kemasukan air. Biarkan suhu panas dari blow dryer mengeringkan telinga Anda, dan membuat air di dalamnya menguap perlahan. Hati-hati, jangan memegang blow dryer terlalu dekat dengan telinga agar tidak timbul sensasi terbakar yang menyakitkan.

5. Lakukan gerakan mengunyah

Selain cara-cara di atas, Anda dapat pula menggunakan gerakan mengunyah untuk membebaskan air di dalam telinga. Gerakan ini akan membuat air di dalam telinga lebih mudah dikeluarkan. Jangan lupa untuk memiringkan pula kepala Anda saat melakukannya, ya!

6. Menguap

Terakhir, Cara mengatasi telinga kemasukan air adalah dengan menguap. Sama dengan gerakan mengunyah, menguap juga dapat membuat air yang terjebak di dalam telinga Anda lolos lebih mudah. Pasalnya, menguap akan membantu dalam melepaskan ketegangan di bagian dalam telinga Anda, dan membuat air mudah keluar.

Nah, itu dia 6 cara mengatasi telinga kemasukan air yang bisa Anda praktiikan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi