Cara Mengatasi Jerawat Batu dengan 5 Langkah Ini

cara mengatasi jerawat batu
Jerawat batu  disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan dan regenerasi kulit yang lambat, asap kendaraan, makanan berminyak, hormon, merokok, kebiasaan jarang membersihkan wajah, dan lalin-lain

GoDokCara Mengatasi Jerawat BatuJerawat batu, yang disebut juga dengan nama  cystic acne, merupakan jenis jerawat  yang berukuran lebih besar dari jerawat pada umumnya. Salah satu ciri dari jerawat batu adalah tidak terdapatnya “mata” jerawat sehingga tak bisa dipencet. Umumnya, jerawat batu  disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan dan regenerasi kulit yang lambat.

Namun, seringkali juga disebabkan oleh asap kendaraan, debu, makanan berminyak, hormon, genetik, merokok, dan kebiasaan jarang membersihkan wajah. Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat batu ini?

Cara Mengatasi Jerawat Batu

1. Menjaga kebersihan kulit

Anda yang sering beraktivitas di luar tentu akan akrab dengan debu, polusi, asap, serta masalah lainnya yang menyebabkan wajah kusam dan berminyak. Karenanya, Anda harus menjaga kebersihannya secara rutin karena ini merupakan salah satu cara mengatasi jerawat batu. Untuk Anda yang memiliki wajah berminyak, gunakanlah pembersih wajah yang mengandung salicylic acid guna menghilangkan minyak dan sel-sel kulit mati. Namun, jika Anda memiliki tipe wajah yang kering, Anda dapat menggunakan pembersih hanya di daerah jerawat batu saja. Kemudian, gunakan toner yang mengandung salicylic acid juga.

2. Mengempeskan jerawat

Yuk coba cara mengatasi jerawat batu dengan mengempeskan jerawat Anda dengan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini :

  •  Jus lemon

Jarang yang tahu bahwa lemon mengandung sitrat yang berkhasiat untuk menghilangkan jerawat batu dalam satu malam. Untuk memanfaatkan lemon, bahan yang Anda butuhkan adalah jus lemon dan sehelai kapas. Celupkanlah kapas pada jus lemon, lalu oleskan ke seluruh bagian wajah yang menderita jerawat batu. Diamkan semalaman, dan bersihkan wajah dengan air hangat keesokan harinya.

(Baca: Manfaat Black Lemonade yang Jarang Diketahui)

  • Tea tree oil

Salah satu bahan alami yang bisa diaplikasikan sebagai cara mengatasi jerawat batu adalah tea tree oil. Karena,  tea tree oil berkhasiat untuk mengempeskan jerawat batu dengan mengoleskannya pada area  yang terkena jerawat batu dan mendiamkannya semalaman. Kandungan yang terdapat pada minyak ini mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan mencegah infeksi, sehingga jerawat lebih mudah untuk kempes.

  •  Bubuk kayu manis dan madu

Anda dapat mencampurkan bubuk kayu manis dan madu hingga merata. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada jerawat yang meradang. Lakukan hal ini sebelum Anda tidur, dan biarkan campuran tersebut menempel semalaman dan bilas wajah Anda  keesokan harinya.

3. Es batu

Tahukah Anda, bahwa es batu ternyata dapat pula digunakan cara mengatasi jerawat batu?  Kenyataannya, es batu dapat  Anda manfaatkan untuk mengompres wajah berjerawat, Caranya? Bersihkanlah wajah terlebih dahulu dan bungkus es batu dengan tisu atau bahan pelapis lainnya, lalu tempelkan pada jerawat. Anda dapat menggunakannya sebanyak 3 kali dalam interval 10 menit. Artinya, Anda harus mengompres wajah selama 10 menit, lalu hentikan, dan kompres kembali selama 10 menit. Mudah, bukan?

4.  Mengonsumsi buah dan sayur

Salah satu penyebab jerawat batu yang cukup umum adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak. Karenanya, Anda juga harus mengimbanginya dengan cukup sering mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung nutrisi dan rendah lemak. Salah satu buah yang mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat batu dan meregenerasi kulit adalah wortel. Yuk, dicoba!

(Baca: Serba-serbi Jerawat Punggung)

5. Istirahat cukup

Cara mengatasi jerawat batu, Anda mempunyai istirahat yang cukup karena jika Anda sering bergadang maka akan mempengaruhi kesehatan kulit. Selain itu, banyaklah mengonsumsi air mineral yang mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Nah, itu tadi 5 langkah cara mengatasi jerawat batu yang harus Anda ketahui. Tentu saja hal paling penting adalah menjaga kebersihan kulit, selalu mengonsumsi makanan yang sehat, dan banyak meminum air putih. Semoga bermanfaat!