Cara mendongkrak Semangat Kerja Pasca-Lebaran

cara mendongkrak semangat kerja

GoDokCara Mendongkrak Semangat Kerja Ketika libur lebaran telah usai, tentu Anda merasa sedikit malas untuk memulai hari-hari produktif dengan setumpuk pekerjaan yang menanti. Sebab, selama berlibur Anda terlepas dari penatnya pekerjaan dan tanggung jawab kantor, sehingga sudah terbiasa bersantai serta mengosongkan pikiran. Hal yang sama juga berlaku  untuk Anda yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa dengan tumpukan tugas dari guru serta dosen. Namun, tentu ketika liburan telah usai dan waktu masuk sekolah/kuliah/kantor tiba, Anda harus kembali memompa semangat hidup.

Nah, apa saja cara mendongkrak semangat kerja pasca-lebaran? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini :

1. Atur pola makan sehat

Cara mendongkrak semangat kerja pasca-lebaran yang pertama adalah dengan kembali mengatur pola makan sehat. Tentunya selama liburan, Anda telah terbiasa dengan pola makan yang seenaknya saja, seperti sarapan dengan mi instan, makan tengah malam, sering memakan junk food, atau terlalu banyak makan. Nah, hal-hal seperti ini jika diteruskan dapat membuat Anda obesitas dan tidak sehat. Karenanya, saat sudah mulai kembali bekerja rutin, perbanyak makan buah dan sayuran setiap hari. Hindari makanan instan dan cepat saji, serta minuman berkarbonasi.

2. Tidur lebih awal

Tentu Anda tahu, bahwa saat bulan Ramadhan, pola tidur Anda mengikuti waktu sahur (bangun lebih pagi). Saat liburan sehabis lebaran, dalam rangka balas dendam, Anda kemudian tidur sesuka hati. Baik itu begadang menonton serial TV, bangun lebih siang sehabis menonton pertandingan bola, atau tidur terlalau lama sepanjang haari. Sebagai cara mendongkrak semangat kerja setelah liburan, penting bagi Anda untuk mengatur kembali pola tidur, salah satunya adalah dengan pergi tidur lebih awal. Tidurlah jam 9 atau jam 10 malam tepat untuk memulihkan kembali kesegaran tubuh Anda.

3. Berolahraga

Cara mendongkrak semangat kerja pasca-lebaran selanjutnya adalah dengan berolahraga. Ingat, olahraga yang dimaksud di sini bertujuan untuk menghasilkan keringat dan membakar kalori liburan Lebaran yang masih tersisa. Jadi, Anda tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup berjalan kaki cepat, beryoga, atau skipping. Dengan berolahraga, Anda akan lebih segar dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

4. Banyak minum air putih

Cara mendongkrak semangat kerja pasca-lebaran yang keempat adalah dengan mencukupi asupan cairan harian Anda. Jika Anda cukup minum, rasa haus tidak akan muncul. Perlu Anda tahu bahwa rasa haus kadang disalahartikan sebagai rasa lapar oleh tubuh, sehingga menyebabkan Anda banyak makan. Terlalu banyak makan tentu tidak baik untuk tubuh, sebab menyebabkan rasa malas dan kantuk. Nah, minum cukup air (kurang-lebih 8 gelas sehari) dapat menyegarkan tubuh Anda.

5. Jangan terburu-buru

Saat baru pertama kali masuk kerja, atau kelas, Anda tidak dianjurkan untuk mengerjakan tugas yang menumpuk secara buru-buru. Dr. Meredith Fuller, seorang psikolog, mengatakan bahwa salah satu alasan seseorang merasa malas di hari pertama kerja adalah karena mereka langsung buru-buru mengerjakan tugasnya. Ada baiknya Anda lebih santai dalam bekerja sehingga bisa menikmati hari pertama dengan semangat.

6. Ciptakan suasana positif

Jangan terlalu terbawa suasana liburan, ya! Memikirkan liburan yang telah lewat hanya akan menambah murung mood Anda dan membuat semangat kerja menurun. Karenanya, cara mendongkrak semngat kerja yang harus Anda lakukan siapkan suasana positif di kantor, bawalah bunga segar atau musik yang menyejukkan ke meja kerja Anda. Kenakan baju dengan warna cerah dan jangan pikirkan hal-hal negatif tentang kantor.

7. Bangun lebih pagi

Cara mendongkrak semangat kerja pasca-lebaran yang terakhir adalah dengan bangun dan berangkat ke kantor lebih pagi. Selama liburan, Anda pasti sudah terbiasa bangun siang. Saat kembali bekerja, hal ini harus ditinggalkan. Pasalnya, bangun terlalu siang hanya akan membuat Anda lebih lemas dan tidak segar. Jadi, usahakan bangun pagi dan nikmati sinar mentari guna membentuk mood yang bagus, ya!

Nah, itu dia 7 cara mendongkrak semangat kerja pasca-lebaran yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat, dan selamat kembali bekerja!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.