Cara Mencegah Kanker Payudara, Kenali dan Praktikan!

cara mencegah kanker payudara

GoDok – Cara Mencegah Kanker Payudara – Kanker payudara; penyakit mematikan yang kini tengah menjadi momok menakutkan bagi setiap kaum hawa. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat 6 cara mencegah kanker payudara? Berikut Go Dok paparkan penjelasan lengkapnya:

Cara Mencegah Kanker Payudara

1. Kurangi konsumsi lemak

Cara mencegah kanker yang pertama adalah dengan kurangi konsumsi lemak. Ternyata, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi bahan pangan yang tinggi akan lemak jenuh merupakan salah satu faktor pemicu kanker, termasuk kanker payudara -salah satunya adalah kesimpulan yang diutarakan oleh kelompok peneliti dari Duke University, Amerika Serikat.

Lalu, apa saja bahan pangan yang tinggi akan lemak jenuh? Ini dia daftarnya:

  • Margarin dan mentega
  • Susu full-cream, dan produk olahan susu lainnya
  • Minyak goreng
  • Coklat
  • Daging sapi
  • Sarden
  • Daging ayam, teruatam bagian paha, dll.

Solusinya, selain dengan meminimalisir asupan bahan pangan di atas, Anda juga dapat memulai kebiasaan baik dengan memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi akan lemak tidak jenuh, seperti: minyak zaitun, ikan salmon, alpukat, produk olahan kedelai (tahu & tempe), dll.

(Baca: 6 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kesehatan)

2. Penuhi kebutuhan sayur dan buah yang kaya akan senyawa anti-oksidan

Cara mencegah kanker payudara selanjutnya dengan penuhi asupan buah dan sayur. Anda tentunya mengetahui bahwa paparan radikal bebas turut meningkatkan risiko tubuh terkena penyakit kanker. Nah, demi menghindarinya, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya akan senyawa anti oksidan. Tujuannya tidak lain agar tubuh dapat melawan paparan radikal bebas dari dalam.

Berikut beberapa sayur dan buah yang kaya senyawa anti-oksidan:

  • Berbagai jenis berry (strawberry, blackberry, raspberry, dll)
  • Anggur merah
  • Jeruk
  • Kubis
  • Kol
  • Sawi hijau
  • Lobak, dll.

(Baca: 6 Jenis Makanan yang Mengandung Antioksidan Tinggi)

3. Hindari asupan makanan yang tinggi estrogen

Walau hormon estrogen memang ada dalam tubuh setiap wanita, namun penumpukan hormon ini di dalam tubuh (terutama yang berasal dari faktor luar, dikenal juga dengan istilah xeno-estrogen) terbukti dapat meningkatkan risiko Anda menderita kanker payudara.

Karena alasan tersebutlah, menghindari makanan yang tinggi estrogen menjadi cara untuk mencegah kanker payudara dan Anda disarankan untuk menghindari konsumsi berlebih bahan pangan yang kaya akan hormon estrogen, seperti buncis, kurma, kismis, dsb.

4. Hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol

Cara mencegah kanker payudara yang selanjutnya, minimalisir risiko Anda mengidap kanker payudara dengan menghentikan kebiasaan merokok serta mengonsumsi minuman beralkohol. Alasannya tidak lain karena kandungan yang terdapat pada rokok dan alkohol terbukti dapat meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh.

(Baca: Dampak Buruk Asap Rokok pada Si Kecil)

5. Perhatikan berat badan

Cara mencegah kanker payudara lainnya adalah dengan memperhatikan berat badan Anda. Dengan semakin bertambahnya berat badan, maka semakin kacau pula pengaturan hormon di dalam tubuh Anda. Inilah yang menyebabkan Anda lebih rentan terkena kanker payudara.

Tidak percaya? Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science menyimpulkan bahwa obesitas pada wanita menopause meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 30-60%; sedangkan bagi wanita yang belum menopause, obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 20-40%.

6. Pertimbangkan kembali keputusan melakukan terapi hormon

Cara mencegah kanker payudara yang terakhir, HRT (Hormone Replacement Therapy) merupakan jenis terapi hormon yang biasanya dilakukan oleh wanita yang sudah masuk ke dalam masa menopause. Namun, tahukah Anda, bahwa terapi hormon ini turut meningkatkan risiko terkena kanker payudara?

Karenanya, sebelum memutuskan untuk menjalani terapi hormon, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter demi mengetahui sisi negatif dan postifnya.

Itu tadi 6 cara mencegah kanker payudara yang dapat dipraktikkan agar terhindar dari kanker payudara. Semoga bermanfaat!