Cara Menangani Bayi Rewel yang Bisa Dicoba

Cara Menangani Bayi Rewel yang Bisa Dicoba

GoDok- Cara menangani bayi rewel- Bayi begitu menggemaskan ketika sedang tertawa. Tetapi, begitu menangis, suaranya menggelegar dan nyaring terdengar seisi rumah. Belum lagi jika bayi menangis di tengah tidur malam Anda. Anda tentu khawatir dengan keadaannya dan ingin menenangkannya. Namun, usaha menenangkan bayi rewel tidak semudah itu. Anda tentu sering kehabisan cara untuk menanganinya, bukan?

Simak cara menangani bayi rewel dari Go Dok berikut ini!

Bayi rewel yang menangis tak henti-henti tentu mengindikasikan sesuatu. Ia belum dapat berbicara sehingga apapun yang ia rasakan tentu diungkapkan dengan cara menangis. Anda juga tentu bingung mengartikannya. Ketika si bayi menangis, ada beberapa cara untuk memastikan apa penyebabnya, misalnya:

  1. Popok basah. Anak biasanya merasa risih dengan popok basah dan lembap Anda bisa segera mengganti popoknya dengan yang baru agar terasa nyaman kembali.
  2. Merasa kembung. Kandungan gas yang tinggi pada perut bayi merupakan hal yang wajar. Jadi, kadang ia jengah dengan kondisi perut kembungnya dan menangis karena ingin mengeluarkannya. Anda bisa bantu mengeluarkannya melalui sendawa atau kentut.
  3. Lapar/haus. Biasanya ini menjadi hal pertama yang tercetus pada benak orangtua ketika anaknya menangis. Anda bisa segera memberi ASI atau susu botol.
  4. Butuh tidur. Beberapa bayi menangis justru karena merasa lelah namun tidak dapat tertidur.
  5. Merasa kegerahan atau kedinginan. Kondisi ruangan yang tidak nyaman seperti kepanasan atau kedinginan bisa Anda kondisikan agar bayi merasa nyaman dengan suhu sekitarnya.
  6. Sakit gigi. Masa pertumbuhan gigi bayi juga terkadang terasa sakit. Bisa jadi ia merasa terganggu dengan adanya gigi yang sedang bertumbuh di balik gusinya.

Jika Anda sudah memastikan untuk meringankan penyebab si bayi menangis namun ia tetap rewel, Anda bisa melakukan cara menangani bayi rewel berikut ini

Membuat kondisi mirip keadaan rahim. Menurut dokter anak Harvey Karp, MD, Anda bisa mengondisikan keadaan sekitarnya mirip dengan keadaan saat berada di dalam rahim dulu. Kuncinya adalah 5S, yaitu:

  • Swaddling. Menggendongnya dengan bantuan kain atau alat gendong. Menempatkan bayi dalam posisi tersebut akan menghindari tubuhnya untuk berkedut dan bergerak dan mudah untuk tertidur.
  • Side or stomach position. Pada saat di dalam rahim, bayi biasanya berbaring pada salah satu sisi tubuhnya. Anda bisa menggendongnya dengan cara merebahkan miring tubuhnya. Tangan Anda bisa menopang tubuhnya dengan memeluk tubuhnya dengan satu tangan, sedangkan satu tangan Anda yang lain menopang kepalanya. Kaki bayi bisa Anda kepit di bagian ketiak Anda.
  • Suara “sshhh” memberikan ketenangan bagi si bayi karena suara tersebut mirip dengan suara yang selama ini dia dengar di dalam rahim. Anda bisa membuat suara tersebut sendiri atau memutar suara tersebut melalui gadget. Pastikan suara tersebut lebih besar dibandingkan suara tangisannya agar ia mendengarnya.
  • Gerakan mengayun yang terus menerus dapat mengingatkan bayi Anda ketika masih di dalam perut ketika ia bebas bergoyang-goyang. Ketika tangisan bayi semakin meraung, Anda bisa mengayunkannya lebih cepat.
  • Jika cara-cara di atas masih belum mempan, Anda bisa melakukan cara terakhir. Anda boleh membiarkan bayi Anda mengisap jempol agar merasa lebih tenang.

Tangisan si kecil belum juga reda? Anda bisa mencoba cara menangani bayi rewel dengan membawanya keluar rumah jika memungkinkan. Biarkan si kecil melihat suasana berbeda dari kamarnya. Alam biasanya menjadi teman baik bayi dengan memperdengarkan suara angin atau dedaunan yang mirip dengan kondisi di dalam rahim.

Namun, ada kalanya jika anak masih belum juga berhenti menangis, yang bisa Anda lakukan sebagai cara menangani bayi rewel adalah dengan membiarkannya sejenak di tempat yang aman dan nyaman, yaitu tempat tidurnya. Anda boleh mengambil beberapa waktu sejenak untuk menenangkan diri. Jika Anda merasa tertekan dan panik, bayi biasanya akan menangkap sinyal tersebut dan justru menangis lebih keras.

Semoga cara menangani bayi rewel di atas tadi bisa membantu  untuk menenangkan bayi Anda!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.