Cara Memilih Bra yang Sesuai; Yuk, Ketahui Ladies!

cara memilih BH

GoDok- Cara memilih bra- Kenyamanan penggunaan bra bagi para wanita merupakan hal krusial. Salah-salah menggunakan jenis untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari, justru memberikan rasa sakit dan tidak nyaman seharian. Padahal, pemilihan bra yang tepat sesuai kebutuhan tubuh memiliki caranya sendiri lho! Bagaimanakah cara memilih bra yang sesuai?

Berikut pemaparan Go Dok mengenai cara memilih bra yang sesuai dengan kebutuhan!

1. Ketahui ukuran Anda

Berdasarkan informasi dari Stylecraze.com, Anda harus terlebih dahulu mengetahui ukuran Anda untuk setiap jenis bra. Anda harus mengenali ukuran lingkar tubuh Anda sendiri agar mendapatkan bra yang nyaman untuk dikenakan. Ukuran lingkar tubuh didefinisikan dalam bentuk angka, sedangkan ukuran cup bra ditentukan dengan alphabet.

Gunakan meteran kain, lalu lingkarkan pada bagian dada Anda melintasi kedua payudara Anda. Pastikan gunakan ukuran inchi agar sesuai dengan ukuran bra. Misalnya, ukuran ada 34D, maka 34 menunjukkan berapa inci lingkar dada Anda, dan alfabet D menunjukkan ukuran cup Anda.

2. Ukuran cup yang tepat

Penggunaan bra dengan ukuran cup yang tepat membuat pergerakan Anda tidak terganggu oleh gerakan payudara. Cup yang tepat akan membuat payudara Anda lebih terangkat, bukan menekan payudara. Posisi tersebut baik bagi bentuk tubuh Anda karena mampu memberikan kekuatan pada torso dan keseimbangan.

Anda dapat mengukur sendiri ukuran cup Anda dengan melekatkan perekat (selotip) ke bagian payudara Anda yang paling tebal, biasanya letaknya sesuai dengan puting. Lalu lepas dan ukur berapa panjang perekat. Bulatkan ukuran mendekati dengan ukuran cup bra yang dijual.

3. Kawat atau Tidak Berkawat

Cara memilih bra yang tepat selanjutnya dengan perhatikan kawat atau tidak berkawat. Anda tentu bingung untuk memilih jenis bra yang berkawat atau tidak. Biasanya, pemilik payudara yang tidak terlalu besar lebih nyaman menggunakan bra tanpa kawat, atau biasanya bra ini dikenal dengan soft bra. Jika Anda menggunakan bra berkawat, pastikan kawat tersebut benar-benar menopang payudara Anda, dan tidak ikut bergerak atau bergoyang ketika Anda bergerak. Jika kawat justru menindih payudara Anda saat bergerak, maka Anda menggunakan ukuran yang salah.

4. Strap yang dapat disesuaikan

Jika cup berguna untuk menopang payudara dalam bentuk mangkok, maka Anda juga harus memperhatikan penopang yang melintasi bahu Anda. Terlebih lagi, jika Anda memiliki aktivitas yang mengharuskan Anda bergerak banyak. Strap yang terlalu ketat dapat membuat bra terangkat dan tidak berada posisi yang pas. Bahkan tidak menutup kemungkinan strap yang terlalu kencang dapat membuat kulit memerah dan lecet.

5. Bahan yang menyerap keringat

Memakai bra sama saja seperti menggunakan pakaian lainnya. Pilih bahan yang dapat menyerap keringat Anda. Anda tentu tidak ingin pakaian Anda ikut basah bukan?

6. Pemilihan warna

Cara memilih bra terakhir dengan pemilihan warna yang tepat. Anda bisa menyesuaikan warna bra dengan pakaian Anda. Misalnya, gunakan bra dengan warna nude ketika menggunakan kaus berwarna putih. Anda juga bisa memilih strap bra yang sesuai dengan warna pakaian jika ingin menunjukkan estetika. Jika Anda memiliki banyak pakaian tanpa lengan, paling aman adalah menggunakan warna hitam yang mirip dengan kaus dalam.

Penggunaan bra yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh Anda biasanya membuat usia bra Anda menjadi lebih panjang. Anda juga perlu memerhatikan bahan dan cara mencucinya. Bila bra Anda berkawat, jangan gunakan mesin cuci agar tidak membuat kawat besi tersebut menjadi bengkok. Gunakan sabun pencuci yang lembut untuk membuat bahan lebih tahan lama.

Itu tadi paparan Go Dok mengenai cara memilih bra yang sesuai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.