Cara Membersihkan Wajah Setelah Menggunakan Riasan

cara membersihkan wajah

 

GoDok- Cara membersihkan wajah- Membersihkan wajah setelah menggunakan make-up menjadi suatu ritual tersendiri bagi para wanita. Terlebih lagi, jika makeup yang digunakan cukup tebal dan anti air, Anda perlu meluangkan waktu lebih untuk hal tersebut. Padahal, malam sudah semakin larut dan Anda sudah terlalu lelah untuk melakukannya.

Jangan malas dahulu! Go Dok akan memaparkan cara membersihkan wajah setelah menggunakan make-up agar ritual Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Kulit yang sehat dimulai dari kulit yang bersih, termasuk kulit wajah. Apalagi, aktivitas membuat kulit Anda harus terpapar debu dari jalanan atau asap kendaraan dan sinar matahari, tentunya Anda menyimpan banyak kotoran di wajah.

Berikut cara membersihkan wajah setelah menggunakan make-up: 

1. Menggunakan cairan pembersih riasan

Cara membersihkan wajah yang pertama dengan menggunakan cairan pembersih riasan. Sebelum mencuci muka, Anda harus memastikan tidak ada riasan lagi yang menempel di wajah, baik itu foundation, blush-on, atau bedak. Untuk membersihkan itu, Anda bisa menggunakan cairan pembersih riasan.

Anda bisa memilih cairan berbahan dasar minyak atau air, seperti Micellar Water. Ajaibnya, Micellar Water tidak hanya membersihkan riasan saja, tetapi juga sekaligus menghidrasi kulit. Anda cukup meneteskan pada kain atau kapas, lalu hapus perlahan dengan gerakan satu arah dari dalam ke luar.

 2. Membersihkan riasan mata

Bagian mata merupakan bagian wajah yang terdiri dari kulit yang tipis dan sensitif, sementara riasan mata seperti mascara dan eyeliner juga cukup sulit untuk dibersihkan. Anda tetap bisa menggunakan cairan pembersih riasan yang sama, namun jangan menggosok daerah tersebut.

Tutup kedua mata Anda, lalu letakkan kapas yang sudah diberikan cairan pembersih selama 10 detik di bagian mata yang ingin dibersihkan. Cairan tersebut akan terserap sejenak untuk membantu riasan lebih mudah dibersihkan.

3. Mencuci muka

Cara membersihkan wajah yang paling umum adalah mencuci muka. Setelah seluruh riasan dipastikan sudah bersih dari wajah Anda, barulah kemudian Anda mencuci muka dengan sabun muka dan air hangat. Jenis sabun muka yang berada di pasaran sangatlah beragam. Anda hanya tinggal memilih sabun muka yang sesuai dengan tipe wajah Anda.

Jika kulit Anda berminyak, Anda bisa memilih sabun muka yang bantu mengurangi minyak tersebut. Jika kulit Anda sensitif, pilih sabun muka yang lembut dan tanpa scrub agar menghindari iritasi kulit. Usapkan dan pijat lembut muka dan jangan gosok terlalu keras. Anda juga harus menghindari daerah mata dari sabun yang keras.

4. Keringkan wajah

Setelah mencuci muka, Anda bisa menggunakan tissue atau handuk lembut untuk membersihkan wajah. Namun, jangan mengeringkan wajah dengan cara menggosok handuk ke muka. Biasakan mengeringkan wajah dengan gerakan menepuk perlahan. Gerakan menggosok justru akan menarik kulit wajah Anda dan dapat menyebabkan kulit iritasi dan cepat keriput.

5. Menggunakan pelembap atau toner

Cara membersihkan wajah setelah menggunakan riasan tidak hanya berhenti setelah membersihkan riasan dan mencuci muka. Anda bisa menggunakan cairan pelembap atau toner setelahnya. Gunakan kapas yang sudah ditetesi sedikit pelembap atau toner, lalu usapkan perlahan ke seluruh wajah Anda.

Penggunaan toner atau pelembap dapat menghindari wajah Anda dari munculnya jerawat atau wajah yang kering, karena toner dapat bantu menenangkan kulit dan menyeimbangkan pH di wajah.

Cara membersihkan wajah setelah menggunakan riasan ini mungkin terasa berat ketika Anda sudah merasa lelah dan mengantuk. Tetapi, dengan rutin melakukan hal ini, Anda tidak perlu repot-repot membersihkan wajah di pagi harinya. Anda bisa membersihkan wajah secara sederhana ketika bangun di pagi hari dan segera menggunakan riasan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk mendiskusikan permasalahan kulit wajah Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.