Cara Kontrol Amarah dengan Praktikkan Kiat Jitu Ini

cara kontrol amarah

GoDok- Cara Kontrol Amarah- Sebagai manusia, emosi dan rasa marah adalah hal yang wajar Anda alami. Amarah juga dapat disebut emosi pengganti atau pelampiasan, sebagai reaksi atas suatu rasa sakit hati. Namun terkadang, Anda bisa dicap sebagai seseorang yang emosional dan sensitif karena terlalu sering  mengumbar emosi. Sebenarnya, melampiaskan amarah memang lebih baik dibandingkan harus memendamnya dan malah memperburuk pikiran Anda. Namun, pelampiasan tersebut tidak dengan marah yang berlebihan. Hal itu dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda dan nantinya emosi tersebut susah untuk dikendalikan.

Pasalnya, saat Anda marah, akan terjadi peningkatan tekanan darah, inflamasi dan nyeri otot, yang akan memperburuk kondisi jantung dan menurunkan imunitas tubuh. Karenanya, akan penting sekali bagi Anda untuk bisa mengontrol emosi agar tidak mudah marah.

Nah, berikut kiat-kiat sebagai cara  kontrol amarah yang bisa membantu Anda;

1. Ambil nafas yang dalam sebelum berbicara

Pertama, cara kontrol amarah dengan mengambil nafas sedalam-dalamnya agar Anda tidak terbuai oleh emosi. Caranya, tahan nafas Anda dalam paru-paru selama tiga detik, kemudian hembuskan. Selagi Anda melakukannya, pikirkanlah hal-hal positif yang dapat meredakan emosi Anda.

2. Ceritakan masalah Anda dengan orang yang dipercaya

Apabila Anda sedang dalam keadaan stres dan banyak masalah, cara kontrol amarah Anda dengan ceritakan perihal masalah tersebut pada orang terpercaya Anda. Hal ini berguna untuk melampiaskan rasa sedih yang tidak baik bila terus dipendam. Dengan bercerita, pikiran Anda akan lebih terbuka sehingga lebih mudah dalam menemukan solusi masalah dan menenangkan pikiran.

3. Hindari stres dan lakukanlah rileksasi

selanjutnya, cara kontrol amarah yaitu dengan hindarilah stres yang berlebihan, sebab akan lebih baik jika Anda melakukan hal-hal yang Anda sukai, agar suasana hati lebih rileks dan ceria. Apabila Anda sedang stres, lakukanlah rileksasi seperti liburan, beristirahat, menonton film, bermain atau melakukan hiburan-hiburan lainnya. Dengan begitu, pikiran Anda akan terbawa pada suasana yang positif.

4. Jangan lupa bersyukur!

Hal yang paling penting untuk kontrol amarah adalah dengan tidak melupakan hal-hal baik di dalam hidup Anda. Setiap kali Anda sedih, marah dan merasa tidak terima akan suatu hal cobalah berfikir bahwa setiap masalah pasti ada hikmahnya. Apapun yang Anda dapatkan sekarang ini tetap merupakan nikmat yang belum tentu bisa orang lain dapatkan. Jika Anda kerap bersyukur, rasa marah pun akan hilang perlahan.

5. Berolahraga

Nah, kiat yang kelima  sebagai cara kontrol amarah  adalah berolahraga. Mengapa berolahraga? Pasalnya, hormon endorphin yang berasal dari olahraga akan dapat menenangkan diri Anda, dan menggerakkan tubuh serta memberikan saluran untuk mengeluarkan kemarahan yang Anda rasakan. Olahraga seperti lari atau jogging, senam, bersepeda, angkat beban, bela diri, berenang atau yoga dapat menjadi alternatif.

6. Hindari alkohol dan obat terlarang

Bagi Anda yang memang mudah marah dan sulit untuk mengontrol emosi, hindari alkohol dan obat-obat terlarang. Sebab, mengonsumsinya hanya akan dapat menenangkan Anda sementara sebelum akhirnya menambah masalah menjadi dua kali lipat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Nah, semoga kiat-kiat di atas bermanfaat untuk bisa membantu Anda untuk kontrol amarah Anda, ya! Jangan lupa kalau sehat itu penting!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Donwload aplikasi Go Dok di sini.