Cara Hilangkan Bekas Cacar yang Harus Anda Coba

cara hilangkan bekas cacar
Bekas cacar yang tertinggal rasanya lama sekali menghilang. Ini Dia beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah ini

GoDok – Cara Hilangkan Bekas Cacar – Adakah di antara Anda yang pernah terkena virus cacar air? Tentu sungguh menyebalkan rasanya jika menderita penyakit yang satu ini. Pasalnya, rasa gatal yang datang rasanya tak urung juga habis. Setelah sembuh, bekas luka yang tertinggal pun rasanya lama sekali menghilang, hingga membuat Anda kurang percaya diri saat keluar rumah, atau ketika memakai baju yang sedikit terbuka.

Atasi segala permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk mendiskusikan permasalahan kesehatan Anda dengan Tim Dokter Go Dok langsung dari Smartphone. GRATIS!

Nah, sebenarnya ada beberapa bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah ini, seperti :

1. Madu

Siapa yang sangka jika madu murni bisa menjadi salah satu bahan penghilang bekas cacar? Kenyataannya, bahan yang satu ini merupakan salah satu antioksidan alami terbaik yang dapat pula berperan sebagai pelembap alami bagi kulit. Karenanya, madu murni dapat mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus menghilangkan bekas cacar di tubuh Anda jika diaplikasikan secara teratur. Caranya mudah saja, Anda cukup mengoleskan madu murni tipis-tipis pada bekas cacar, lalu diamkan selama 30 menit, dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal, ya!

(Baca: 5 Manfaat Madu; Si Manis yang Kaya Manfaat)

2. Mandi dengan Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan yang dapat menenangkan kulit Anda dan membuatnya tidak terlalu gatal. Karenanya, cobalah berendam dengan air yang telah sedikit tercampur sari oatmeal. Caranya, bungkus segenggam oatmeal dengan kain muslin -tenun putih dengan tekstur seperti kasa- dan ikat ujungnya menjadi kantung kecil. Taruh kantung ini di dalam bak mandi, dan remas hingga air di dalamnya berbusa. Lakukan hal ini setiap hari saat Anda tengah menderita cacar air, dan rasa gatal akan berkurang sehingga bekas luka pun nantinya jarang hadir.

(Baca: Ragu Mengonsumsi Oatmeal? Kenali Dulu Manfaatnya Bagi Kesehatan!)

3. Minyak kelapa

Tentunya Anda sudah mendengar tentang minyak buah kelapa yang memiliki manfaat segudang. Salah satunya adalah menghilangkan bekas cacar. Minyak kelapa terbukti memiliki asam lemak yang sanggup membantu proses peremajaan dan produksi kolagen di tubuh Anda. Karenanya, minyak kelapa dikatakan dapat membantu bekas cacar lebih cepat hilang. Caranya? Gampang, Anda cukup mengoleskan minyak kelapa pada area bekas cacar di kulit Anda, lalu biarkan hingga kering. Lakukan hal ini 3-4 hari sekali untuk hasil yang maksimal.

4. Tomat

Bukan rahasia lagi bahwa tomat kaya akan vitamin C dan merupakan antioksidan alami yang bagus untuk kulit. Karenanya, tak heran jika tomat kerap dijadikan sebagai bahan masker untuk menghilangkan bekas jerawat dan kulit kusam. Hal ini juga berlaku untuk bekas cacar air. Tidak percaya? Coba saja haluskan tomat menggunakan blender, lalu oleskan pada bekas-bekas cacar di kulit Anda. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih, ya!

(Baca: Daftar Buah yang Kaya akan Vitamin C)

5. Lidah buaya

Biasa dipercaya dalam perawatan rambut, siapa sangka bahwa lidah buaya juga manjur untuk menghilangkan bekas cacar. Bahan alami yang satu ini dapat berperan sebagai pelembap alami dan menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Karenanya, lidah buaya dapat pula mempercepat proses hilangnya bekas cacar di kulit Anda. Caranya? Mudah saja, Anda cukup mengoleskan getah lidah buaya pada bekas cacar dan menggosoknya selama beberapa menit. Lakukan hal ini 2-3 kali sehari agar hasilnya optimal, ya!

6. Campuran buah jeruk dan lemon

Saat bekas cacar sudah menggelisahkan diri Anda, cobalah memakai campuran kedua bahan ini untuk mengatasinya. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan masing-masing satu kulit jeruk dan kulit lemon, 2 sdm air lemon, 2 sdm minyak zaitun, dan dua cangkir kecil gula. Pertama, hancurkan kedua kulit buah hingga menjadi bubuk halus, campurkan gula, dan tuangkan air lemon serta minyak zaitun. Setelah diaduk merata, oleskan campuran tersebut pada bekas-bekas cacar di kulit Anda. Setelah beberapa menit, gosok hingga kering. Hal ini akan mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat hilangnya bekas cacar.

(Baca: Jeruk; Si Asam yang Kaya Akan Manfaat)

7. Jagung manis muda

Terakhir, Anda dapat menggunakan jagung muda yang mengandung banyak vitamin serta mineral sehingga mampu membantu dalam mempercepat proses pembentukan sel kulit baru. Cara penggunaannya cukup mudah, Anda tinggal memarut jagung muda hingga halus dan menempelkan hasil parutannya pada bekas luka cacar. Diamkan hingga kering, lalu bersihkan setelahnya. Jangan lupa, lakukan hal ini setiap hari hingga bekas cacar menghilang.

Nah, itu tadi 7 cara alami yang dapat Anda praktikkan demi menghilangkan bekas cacar. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply