Cara Efektif Atasi Bisul; Kenali Sebelum Menyebar dan Bertambah Besar

cara efektif atasi bisul

Go Dok- Cara efektif atasi bisul- Bisul -penyakit yang sangat akrab menimpa masyarakat Indonesia. Meskipun bukan merupakan penyakit yang mematikan, namun bisul kerapkali membuat penderitanya merasa tidak nyaman dan malu. Ya, malu! Karena di Indonesia, penyakit ini sudah terlanjur diasosiasikan dengan rendahnya tingkat kebersihan diri. Nah, sebelum menyebar dan bertambah besar.

Yuk, cari tahu apa saja cara efektif atasi bisul melalui penjelasan berikut ini!

1. Kompres hangat

Cara efektif atasi bisul yang pertama adalah dengan kompres air hangat. Yang harus Anda lakukan adalah mengompres bisul dengan lap yang sebelumnya telah dicelupkan ke air hangat. Lakukan kebiasaan ini minimal 3 kali sehari agar nyeri berkurang dan bisul cepat matang.

2. Gunakan perban

Agar bisul tidak menyebar ke area lain, ada baiknya Anda menutupnya dengan perban. Eits, jangan asal memasang perban, ya! Pasanglah perban jika bisul sebelumnya telah dibersihkan dan di lap kering.

3. Rajin mandi dan mencuci tangan

Selanjutnya, cara efektif atasi bisul adalah dengan meningkatkan kebersihan diri. Ya, agar bisul cepat reda, Anda disarankan untuk mandi setidaknya 2 kali sehari menggunakan sabun yang mengandung antibakteri.

Selain itu, ingatlah untuk selalu mencuci tangan setiap habis mengompres atau memasang perban pada bisul. Apalagi jika ada bisul yang pecah; Anda diwajibkan untuk mencuci tangan dengan seksama demi menghindari kemungkinan menyebarnya bisul ke area tubuh yang lain.

4. Banyak minum

Seperti yang telah Anda ketahui, minum air putih dalam jumlah yang cukup merupakan cara ideal untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Namun, tahukah Anda, bahwa banyak minum juga terbukti dapat mempercepat penyembuhan bisul karena dapat meluruhkan bakteri melalui urin sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak terserang bisul kembali? Jadi, mulai sekarang jangan malas minum, ya!

5. Hindari gorengan dan makanan cepat saji

Senang mengonsumsi gorengan atau makanan cepat saji, semacam pizza? Maka, ada baiknya untuk menghindari jenis makanan tadi sementara waktu selama Anda menderita bisul. Alasannya tidak lain karena minyak dan lemak yang terkandung di dalam gorengan dan makanan cepat saji dapat menganggu fungsi kelenjar minyak kulit. Dampaknya, bisul akan susah sembuh; bahkan bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Mengerikan!

6. Hindari penggunaan baju dan handuk bersama

Cara efektif atasi bisul selanjutnya dengan hindari penggunaan baju dan handuk bersama. Jika ada anggota keluarga yang terbukti menderita bisul, maka baiknya hindari penggunaan pakaian atau handuk bersama. Mengapa? Karena hal ini dapat meningkatkan risiko penyebaran bakteri pemicu bisul.

7. Obati dengan bahan alami

Cara efektif atasi bisul yang terakhir adalah dengan memanfaatkan bahan alami sebagai obat bisul. Penasaran apa saja bahan alami yang dimaksud? Ini dia poin lengkapnya:

  • Bawang merah & bawang putih. Cara penggunaan; potong bawang menjadi dua bagian, lalu tempelkan di area yang terkena bisul.  
  • Lidah buaya. Cara penggunaan; ambil gel lidah buaya, lalu usapkan di area yang terkena bisul.
  • Daun sirih. Cara penggunaan; tumbuk halus 3 lembar sirih, lalu tempelkan di area yang terkena bisul.
  • Temulawak. Cara penggunaannya; iris 1 ruas temulawak, lalu rebus bersamaan dengan 2 gelas air. Saring air rebusan. Lalu minum selagi hangat.

Itu tadi berbagai cara efektif atasi bisul yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.