Cara Cepat Atasi Sakit Gigi yang Harus Anda Tahu

Cara cepat atasi sakit gigi

GoDok- Cara cepat atasi sakit gigi- Pernyataan bahwa sakit gigi merupakan gangguan kesehatan yang sangat menganggu memang sudah tidak bisa disangkal lagi. Bagaimana tidak! Ketika mengalami kondisi ini, Anda biasanya akan merasa pusing di area kepala, mengalami pembengakakan pipi, hingga susah untuk mengunyah makanan. Menyebalkan! Sebenarnya, ada lho cara sederhana namun jitu untuk menangani sakit gigi dengan cepat. Penasaran?

Yuk, intip poin lengkap seputar cara cepat atasi sakit gigi berikut ini!

1. Buat larutan alami untuk kumur-kumur

Cara cepat atasi sakit gigi yang pertama, jika gigi sudah mulai terasa sakit, Anda dapat segera meredakan nyerinya dengan membuat larutan yang terdiri dari bahan-bahan alami, seperti garam dan lada. Mengapa? Karena dua bahan tadi sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami yang bersifat anti-bakteri, anti-peradangan, hingga analgesik. Mudah sekali cara penggunaannya. Anda cukup mencampurkan garam atau lada dengan air secukupnya, lalu gunakan larutan ini untuk berkumur setidaknya 3 kali sehari.

2. Mengompres pipi dan gigi

Bagi Anda yang pernah mengalami sakit gigi, tentu tidak asing dengan komplikasi yang muncul. Salah satunya adalah pipi yang membengkak. Nah, demi mengurangi tingkat peradangan pada gusi sekaligus meredakan ukuran pipi agar tidak terlalu membesar, Anda dapat mengompres gigi serta pipi dengan menggunakan beberapa bahan alami, seperti:

  • Air dingin
  • Es batu
  • Baking soda

Eits, jangan asal mengompres, ya! Baiknya, gunakanlah handuk yang bersih untuk menjadi perantara kompresan. Caranya, tempelkan handuk pada salah stau bahan alami di atas, baru kemudian diaplikasikan pada area yang terasa nyeri. Mudah, bukan?

3. Gunakan baluran alami

Nah, ini dia cara tradisional yang paling banyak dipraktikkan oleh mereka yang sedang menderita sakit gigi. Ya, Gusi terasa berdenyut-denyut diiringi munculnya rasa nyeri? Kompres saja menggunakan es batu! Beberapa peneliti percaya jika dinginnya es batu dapat meredakan peradangan yang diakibatkan oleh aktivitas atau tekanan berlebih pada jaringan gusi. Caranya, Anda dapat meletakkan beberapa bongkah es batu pada handuk, lalu letakkan di area yang terasa sakit.

4. Obat gosok

Selanjutnya, cara cepat atasi sakit gigi dengan menggunakan obat gosok. Anda dapat menggunakan obat gosok yang biasa digunakan untuk meredakan flu. Oleskan di sekitar pipi yang sakit. Setelah itu, letakkan tisu pada bantal dan berbaringlah dengan menggunakan sisi yang sakit di atas bantal.

5. Bawang putih

Bawang putih dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri pada gigi. Anda dapat menggunakan satu siung bawang putih dan meletakkannya di sekitar gigi yang sakit. Minyak pada bawang putih dipercaya mampu meredakan rasa sakit tersebut.

6. Irisan lemon

Anda dapat menggunakan beberapa irisan lemon dan meletakkannya di daerah gigi yang sakit. Biarkan air lemon masuk ke sela-sela gigi.

7. Baking soda

Baking soda tidak hanya digunakan pada adonan kue lho. Anda dapat melumuri kapas yang sudah basah dengan baking soda dan menempelkannya pada gigi yang sakit.

8. Menggunakan obat pereda nyeri

Terakhir cara cepat atasi gigi adalah dengan menggunakan obat pereda nyeri. Beberapa dokter menyarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri. Anak-anak dapat mengonsumsi paracetamol. Sedangkan orang dewasa dapat mengonsumsi ibuprofen atau aspirin. Jika anda mengonsumsi aspirin, segera mungkin langsung ditelan. Pasalnya, obat tersebut bisa saja melukai mulut dan tidak akan menghilangkan rasa nyeri.

Selain itu, anda dapat menggunakan pereda nyeri yang berbentuk gel atau spray. Kandungan zat anastesi dan analgesiknya dapat membuat menjadi kebas untuk sementara, tetapi akan menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Anda dapat menggunakan cara cepat atasi sakit gigi di atas untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi. Akan tetapi, hubungilah dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Baca juga:

Punya permasalah seputar kesehatan gigi? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter spesialis gigi. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.