Cara Atasi Tenggorokan Gatal yang Dijamin Ampuh

cara atasi tenggorokan gatal

Go Dok- Cara atasi tenggorokan gatal- Meskipun bukan termasuk kondisi medis yang mematikan, namun tenggorokan gatal tetap saja dapat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. Bayangkan saja, selain membuat Anda enggan banyak berbicara dengan kerabat atau sahabat, gatal pada tenggorokan juga bisa membuat Anda terus terjaga di tengah malam. Menyebalkan sekali, bukan? Sebelum menginjak pada pembahasan tentang cara atasi tenggorokan gatal, ada baiknya Anda ketahui dulu beberapa penyebab tenggorokan gatal berikut ini:

  1. Alergi; ternyata, tenggorokan gatal dapat dipicu oleh alergi, mulai dari alergi terhadap debu, bulu hewan, atau bahkan cuaca dingin. Untuk sedikit meredakan gatalnya, Anda dapat terlebih dahulu menghindari alergen –atau hal yang menjadi pemicu alergi.
  2. Infeksi jamur & virus; selanjutnya, tenggorokan gatal juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur dan virus. Meskipun infeksi ini dapat menimpa siapa saja, namun individu yang mengalami gangguan sistem imun (seperti penderita HIV) terbukti lebih rentan menjadi “host” bagi jamur dan virus pemicu tenggorokan gatal.
  3. Iritasi; senang menyantap makanan atau minuman panas? Hati-hati, karena kebiasaan ini ternyata dapat menyebabkan iritasi yang kemudian memicu timbulnya sensasi gatal pada tenggorokan.  
  4. Refluks asam; terakhir, tenggorokan gatal juga bisa disebabkan oleh naiknya asam lambung ke tenggorokan –atau yang dkenal juga dengan istilah GERD. Jika terbukti mengalami hal ini, maka Anda dianjurkan untuk segera berkonsultasi ke dokter demi menangani kondisi lambung terlebih dahulu.

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda pasti bertanya-tanya, “Bagaimana cara atasi tenggorokan gatal?”.

Cari tahu cara atasi tenggorokan gatal dengan simak poin lengkap berikut:

1. Air garam

Cara atasi tenggorokan gatal yang pertama adalah dengan berkumur menggunakan air yang telah dibubuhi garam. Caranya, sediakan 1 gelas air, lalu tambahkan ½ sdt garam. Aduk hingga merata, lalu gunakan campuran ini untuk berkumur-kumur minimal 2 kali sehari.

2. Sari cuka apel

Selanjutnya, atasi tenggorokan gatal dengan larutan sari cuka apel. Caranya, tambahkan 2 sdm sari cuka apel ke dalam satu gelas air hangat, lalu aduk dan minum. Jika dilakukan dengan rutin, maka cara ini dijamin dapat meredakan tenggorokan gatal dengan segera.

3. Madu

Cara atasi tenggorokan gatal yang selanjutnya adalah dengan madu. Lagi-lagi, Anda hanya diharuskan untuk menambahkan 2-3 sdm madu murni ke dalam segelas air hangat, lalu meminumnya hingga habis. Meskipun terdengar sepele, namun cara ini ampuh untuk mengembalikan kondisi tenggorokan Anda seperti sedia kala.

4. Air hangat

Ini dia cara atasi tenggorokan gatal yang paling mudah! Cukup dengan banyak minum air hangat, Anda akan merasaan gatal pada tenggorokan segera menghilang, sekaligus merasakan hidung dan tenggorakan yang mampet kembali lega seperti semula.

5. Permen pelega tenggorokan

Cara atasi tenggorokan gatal yang terakhir adalah dengan menghisap permen pelega tenggorokan. Anda bisa memilih varian produk yang dijual bebas di toko; namun, ada baiknya untuk memilih permen non-sugar demi mendapatkan hasil yang paling optimal.

Itu tadi beberapa cara atasi tenggorokan gatal yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.