Cara Atasi Migrain Secara Alami yang Bisa Anda Coba

cara atasi migrain

Go DokCara atasi migrainMigrain; nama penyakit yang akrab didengar oleh masyarakat Indonesia. Biasanya, untuk menangani keluhan medis yang ditandai dengan sakit kepala sebelah ini, Anda akan langsung mengonsumsi obat-obatan tertentu. Padahal, terdapat beberapa cara alami untuk mengatasi migrain, lho! Penasaran?

Berikut 8 cara atasi migrain secara alami yang dapat langsung Anda coba:

1. Konsumsi teh atau kopi

Cara atasi migrain yang pertama adalah dengan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti teh atau kopi. Faktanya, mengonsumsi kafein dalam jumlah sedikit terbukti efektif untuk meredakan gejala migrain dan mengoptimalkan penyerapan obat. Tapi, ingat, jangan minum teh dan kopi terlalu banyak! Karena hal ini justru dapat meningkatkan risiko kambuhnya migrain dengan intensitas yang lebih parah.

2. Gunakan kompres dingin

Terganggu dengan otot kepala dan leher yang terasa menegang akibat migrain? Segara tangani hal tersebut dengan menggunakan kompres dingin! Ya, menempelkan kompres dingin di leher dan kepala dianggap sebagai cara ampuh untuk merelaksasi otot sekaligus meminimalisir denyutan dan nyeri akibat migrain.

3. Minum jahe hangat

Mungkin, cara ini terdengar asing di telinga Anda. Namun, banyak hasil studi mengemukakan bahwa senyawa dalam jahe terbukti dapat menghambat proses sintesis prostaglandia (zat kimia yang memicu timbulnya migrain). Ingin mencoba? Caranya, tambahkan beberapa iris jahe ke dalam air panas. Lalu, tambahkan sedikit gula atau madu sebagai pemanis; minum selagi hangat. Mudah, bukan

4. Konsumsi makanan tinggi magnesium

Cara atasi migrain yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan tinggi kalsium, seperti sayuran hijau, ikan laut, dan gandum utuh. Faktanya, konsumsi 400-600 mg magnesium per hari dapat menghindarkan Anda dari migrain yang bersifat kambuhan. Mengejutkan!

5. Konsumsi makanan tinggi vitamin B2

Selain dengan mengonsumsi makanan tinggi magnesium, Anda juga bisa mengatasi migrain dengan cara memperbanyak asupan vitamin B2 yang banyak terkandung di dalam kacang-kacangan dan susu. Lho, kok bisa? Ternyata, salah satu fungsi vitamin B2 bagi tubuh adalah merangsang pembentukan sel sehat penghambat migrain. Jadi, tidak heran jika kemudian banyak ahli yang menyarankan konsumsi bahan pangan tadi sebagai salah satu alternatif mengobati dan mencegah kambuhnya migrain.

6. Pijat dengan minyak gosok

Ketika terserang migrain, segera relaksasi area kepala dan leher Anda dengan memijatnya menggunakan minyak gosok. Selain dapat menenangkan syaraf dan otot, aroma khas minyak gosok juga terbukti ampuh untuk merelaksasi pikiran.

7. Matikan lampu

Ingin migrain segera reda? Maka, beralihlah ke tempat yang gelap dan sunyi. Alasannya tidak lain karena lingkungan yang terang dan bising malah akan membuat migrain terasa semakin menjadi. Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

8. Banyak minum air putih

Cara atasi migrain yang terakhir adalah dengan banyak minum air putih. Selain efektif untuk mencegah dehidrasi, minum sebanyak 8 gelas per hari juga terbukti ampuh dalam meningkatkan kesehatan sel otak sehingga tidak mudah mengalami penyusutan dan peradangan.

Itu tadi 8 cara atasi migrain secara alami yang dapat langsung dicoba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.