Cara Asik Tingkatkan Daya Ingat

www.go-dok.com

“Aaaah, lupa!”

Anda pasti akan merasa kesal jika lupa di mana menyimpan barang yang sedang diperlukan, atau bingung menyapa kenalan karena tidak bisa mengingat namanya.

Lupa memang umum menimpa setiap orang. Dari beberapa penelitian, terdapat sejumlah teori yang menjelaskan mengapa fenomena ini bisa terjadi, seperti karena kemunduran ingatan, adanya penumpukan informasi, represi, hingga karena adanya gangguan fisiologis yang mengganggu kinerja otak.

Namun, Anda harus berhati-hati ketika lupa terlalu sering mendera, karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan gejala penyakit serius, seperti Alzheimer, Vascular Dementia, Parkinson, Huntington, Short Memory Syndrome, Amnesia, dan lainnya. Jika kualitas ingatan semakin menurun dari hari ke hari, segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk berkonsultasi sebaiknya coba saja bermain game karena faktanya kegiatan ini dapat mendeteriorasi ingatan. Tidak percaya? Berikut beberapa permainan yang ternyata dapat mengasah memori otak:

Teka Teki Silang

Selain dapat dijadikan sebagai alternatif hiburan untuk menghilangkan kejenuhan, mengisi TTS ternyata dapat dijadikan cara untuk meningkatkan daya ingat. Lho, kok bisa? Dengan mengisi TTS, secara tidak langsung Anda telah  melatih ingatan, mempercepat alur berpikir, hingga meningkatkan konsentrasi.

Catur

Catur merupakan permainan yang mengombinasikan daya ingat serta kemampuan berstrategi. Dalam permainan ini, Anda dipaksa untuk mengoptimalkan kerja otak kiri dan kanan secara bersamaan demi terciptanya imajinasi serta taktik jitu agar menang. Checkmate!

Sudoku

Permainan yang diciptakan oleh ahli matematika berkebangsaan Swiss, Howard Grans, ini pertama kali dipublikasikan tahun 1979. Bermain sudoku atau ‘number place’ akan memacu fungsi otak kanan karena Anda diharuskan untuk mencari solusi aritmetika taktis demi mengisi kolom-kolom yang kosong.  Jadi, masih enggan main sudoku?

Rubik

Beberapa tahun terakhir, tren bermain rubik telah menjadi fenomena tersendiri di kalangan masyarakat pencinta game asah otak. Untuk menyelesaikan kubus ini, Anda harus mengaplikasikan rumus matematika tertentu agar warna berjajar rapi. Inilah yang menyebabkan rubrik menjadi permainan yang tidak hanya menyenangkan, namun juga mengasah otak.

Puzzle

Permainan ini dapat memicu nalar serta daya ingat karena Anda dipaksa untuk menyusun setiap kepingannya menjadi sebuah gambar utuh. Ingat, selalu tantang diri Anda untuk menyelesaikan puzzle dengan tingkat kerumitan tinggi agar otak tidak mengalami kemunduran fungsi.

Halma

Meskipun tidak sepopuler permainan asah otak lainnya, manfaat halma dalam mengasah otak tidak dapat dianggap remeh. Permainan yang melibatkan penggunaan  papan atau karton bergambar bintang sudut enam ini dimainkan oleh tiga orang. Anda lantas diwajibkan untuk berstrategi taktis agar mampu menembus kubu lawan. Menyenangkan bukan?

Lego

Lego diklaim sebagai permainan edukatif karena dapat menstimulus otak, seperti koordinasi tangan dan mata, kecerdasan spasial, logika, dan kreativitas.

Jadi, ayo tingkatkan daya ingat dengan cara yang asik bersama keluarga atau teman agar kita bisa terhindar dari kepikunan.

Comments are closed.