Cara Alami Hilangkan Stretch Mark

www.go-dok.com

Stretch mark pada kulit acap kali dapat mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Stretch mark sendiri merupakan gangguan kulit yang disebabkan oleh tidak seimbangnya metabolisme tubuh sehingga menyebabkan lapisan dermis kulit melebar dan pecah. Hal tersebut ditandai dengan munculnya guratan putih kemerah-merahan yang memanjang pada bagian tubuh, seperti perut, pangkal paha, lengan atas, ketiak, dan punggung.

Kelainan ini biasanya disebabkan oleh kehamilan, pubertas, bertambah dan berkurangnya berat badan secara drastis, serta kekurangan vitamin A, E, dan C. Apabila stretch mark pada kulit remaja dapat hilang dengan sendirinya, berbeda halnya dengan orang dewasa. Diperlukan usaha ekstra untuk mengembalikan kulit ke kondisi semula. Namun, jangan khawatir, berikut beberapa bahan alami yang dapat menyamarkan dan menghilangkan stretch mark: 

1. Lemon

Selain dapat mencerahkan kulit, lemon ternyata dapat menghilangkan stretch mark. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat mengoptimalkan produksi kolagen dalam sel-sel kulit baru. Cukup gunakan satu buah lemon yang dibelah menjadi dua bagian. Setelah itu, oleskan lemon pada bagian yang memiliki stretch mark dan diamkan sekitar 30 menit. Lalu, basuh dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Coklat

Kandungan kolagen yang tinggi pada coklat dapat meremajakan kulit dan mengatasi stretch mark. Caranya, gunakan cokelat tawar yang tidak mengandung gula atau pemanis lainnya untuk dijadikan olesan atau krim. Lalu, aplikasikanlah pada kulit dan diamkan selama 15 menit.

3. Kentang

Tidak hanya digunakan sebagai bahan makanan, zat yang terkandung dalam kentang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan stretch mark pada kulit. Mudah saja cara penggunaannya. Potong kentang menjadi beberapa irisan tebal, lalu gosokkan pada bagian tubuh yang berstretch mark. Lakukan selama beberapa menit sebelum akhirnya dibilas bersih dengan air. Anda dapat melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Lidah buaya

Khasiat lidah buaya telah terkenal dapat menghilangkan ketombe dan mencegah rambut rontok. Akan tetapi, kandungan vitamin E pada lidah buaya juga dapat menghilangkan stretch mark pada kulit. Cukup oleskan gel lidah buaya ke bagian tubuh yang diinginkan dan biarkan selama beberapa menit. Setelah itu, cuci dengan air hangat.

5. Putih telur

Putih telur berkhasiat untuk menghilangkan noda pada kulit, termasuk stretch mark. Kandungan protein yang tinggi mampu meremajakan dan mengembalikan elastisitas kulit. Caranya, ambil bagian putih 1 butir telur, kemudian kocok sampai mengeluarkan busa atau buih. Oleskan pada kulit secara merata dan diamkan sekitar 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk melihat hasil yang cepat.

Sebenarnya, pada kebanyakan kasus, munculnya strecth mark dapat dicegah dengan berbagai cara, seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, minum air putih yang cukup, serta olahraga secara teratur. Karena bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Selamat mencoba!

Comments are closed.