Cantengan; Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

cantengan
Cantengan; penyakit yang akrab menimpa masyarakat Indonesia. Yuk, kenali serba-serbi cantengan lewat artikel Go Dok berikut ini!

GoDok – Pernahkah Anda mengalami cantengan? Kondisi yang dalam istilah medis disebut pula dengan paronychia ini selalu membuat penderitanya risau ketika muncul. Pasalnya, kondisi kesehatan ini umunya datang dibarengi dengan rasa sakit dan membuat Anda kesulitan dalam berjalan. Sebagian besar cantengan terjadi disebabkan oleh infeksi bakteri namun tidak menutup kemungkinan jamur menjadi penyebabnya. Dari segi medis, penyakit ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

1. Akut

Cantengan yang bersifat akut akan dicirikan dengan rasa sakit, bengkak, warna kemerahan di sekitar area yang terinfeksi. Jenis ini disebabkan oleh infeksi bakteri melalui luka terbuka akibat perawatan kuku jari (menikure), potongan kuku terlalu pendek, serta kebiasaan menggigiti kuku dan menghisap jari.

2. Kronis

Cantengan yang bersifat kronis biasanya disebabkan oleh jamur Candida. Umumnya, jenis ini terjadi pada area kulit yang terlalu sering bersinggungan dengan air atau bahan kimia lainnya melalui kegiatan seperti mencuci piring, hairdressing, dokter gigi, keperawatan.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan ?

Sejatinya, penanganan awal untuk cantengan dapat kita lakukan sendiri lho. Bagaimana caranya? Mudah saja, Anda cukup merendam kuku terinfeksi di dalam air hangat sebanyak 3-4 kali setiap harinya. Sebagai tambahan, Anda juga harus menggunakan perban di bagian jari yang terinfeksi agar tetap higienis dan tidak mudah terkontaminasi bakteri lain. Selain itu, perban yang basah juga harus diganti minimal sebanyak dua kali dalam sehari. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda dapat menggunakan antibiotik berupa salep atopik yang banyak dijual di apotik. Oleskan salep tersebut secara teratur pada bagian kulit yang mengalami cantengan.  Biasanya, penggunaan ini dapat membantu dalam pembunuhan bakteri dan mempercepat pemulihan. Namun sebaiknya temui dahulu dokter untuk menggunakan hal ini, ya!

Ingat! Anda harus waspada dan segera berkonsultasi dengan dokter apabila cantengan dalam beberapa hari tidak menunjukan tanda kesembuhan dan bila kondisinya disertai dengan gejala lain seperti demam atau tubuh terasa menggigil

(Baca: Jaga Kesehatan Kuku dengan Praktikkan 5 Langkah Mudah Ini!)

Apakah terdapat cara untuk mencegah terkena ?

Meskipun bukan penyakit yang termasuk dalam kategori serius, namun cantengan menjadi penyakit yang bisa mengganggu akitivitas Anda. Tapi, tenang! Penyakit ini bisa dicegah dengan mengubah kebiasaan buruk , seperti :

  1. Tidak menggigit kuku, menghisap jari, memotong kuku terlalu pendek
  2. Apabila Anda sering melakukan kegiatan yang bersinggungan dengan air dan bahan kimia seperti mencuci piring atau pakaian, maka sebaiknya gunakan sarung tangan karet saat betraktivitas. Tujuannya? Tentu saja agar kuku senantiasa terlindungi dari bahaya bahan kimia tersebut.
  3. Khusus untuk para perempuan, kebiasaan Anda menggunakan kuku palsu juga menjadi salah satu penyebab munculnya cantengan. Pasalnya, lem yang digunakan untuk menempelkan kuku palsu dapat menyebabkan iritasi jika Anda memiliki kulit sensitif. Iritasi inilah yang kemudian menyebabkan luka dan membuka jalan masuk bagi bakteri sehingga menimbulkan cantengan.

(Baca: Ini Dia Cara Alami Bersihkan Jari Kuku!)

Anda hanya memiliki satu pilihan agar terhindar dari cantengan yaitu dengan selalu menjaga kebersihan kuku, tidak membuat kuku terlalu sering bersinggungan dengan bahan kimia dan yang tidak kalah penting adalah menjadi kebersihan dari peralatan yang biasa digunakan untuk merawat kuku. Lebih baik Anda menggunakan peralatan tersebut untuk diri sendiri dan tidak meminjamkannya kepada orang lain.

Semoga bermanfaat!

Comments are closed.