Bunda, Ketahui Cara Menambah Nafsu Makan pada Anak

cara menambah nafsu makan pada anak

Go Dok- Cara menambah nafus makan pada anak- Anak adalah harta yang paling berharga bagi para orang tua. Segala jenis kebutuhan anak  perlu diperhatikan orang tua untuk tetap menjaga kesehatan sang anak. Namun, apa jadinya jika nafsu makan anak turun atau malah si buah hati termasuk anak yang pemilih makanan? Tentu saja berat badan anak akan cenderung statis bahkan turun. Selain itu, risiko lain yaitu terhambatnya tumbuh kembang si buah hati karena kurangnya asupan nutrisi dari makanan.

Berikut Go Dok sajikan beberapa cara menambah nafsu makan pada anak:
  1. Ajaklah si kecil makan bersama di meja makan.Cara menambah nafsu makan pada anak yang pertama dengan jangan sekali-kali membiasakan anak untuk makan sambil bermain. Menurut Dr. Dimple Gobind Nagrani, Sp.A, yang merupakan dokter anak sekaligus penulis artikel IDAI, hindari bermain saat makan, namun berikan suasana menyenangkan pada proses makan dengan variasi warna dan bentuk makanan. Biarkan anak hanya melakukan satu kegiatan yaitu makan. Jangan pernah biarkan gadget, buku, atau mainan ada di meja makan saat makan tiba. Matikan televisi saat makan agar fokus anak hanya pada makanan di hadapannya.
  2. Berikanlah makanan dalam porsi kecil-kecil. Berikan makanan utama dahulu kemudian baru beri minum. Jangan terbalik karena akan menyebabkan anak kenyang dengan hanya minum.
  3. Berikan variasi makanan, jangan monoton.Buat ia selalu penasaran dengan apa yang akan disajikan Bundanya pada setiap waktu makan. Jika perlu, berikan kesempatan pada si buah hati untuk membuat jadwal makanan yang ingin ia makan dalam seminggu. Jadwal yang ia buat bersama harus dipatuhi bersama agar anak bisa belajar berkomitmen.
  4. Perhatikan jenis makanan apa yang disukai si kecil.Untuk memancing nafsu makannya, sajikanlah makanan kesukaannya. Makanan kesukaan biasanya merupakan pancingan yang paling efektif untuk mengembalikan nafsu makan anak, bahkan orang dewasa sekali pun.
  5. Buat tampilan yang menarik pada makanan. Cara menambah nafsu maka pada anak ini bisa Anda lakukan dengan dengan membentuk makanan menjadi bentuk yang sangat menarik bagi anak atau mewarnainya dengan berbagai pewarna alami.
  6. Berikanlah makanan hanya pada saat anak sedang benar-benar lapar.Jangan memaksa anak untuk makan ketika ia tak merasa lapar. Jam-jam sebelum dan sesudah makan adalah waktu yang tidak boleh diisi dengan pemberian makanan ringan  agar anak tak merasa kenyang saat jam makan tiba.
  7. Meskipun si kecil berusaha memuntahkan dan mempermainkan makanannya, jangan langsung memarahinya.Biarkan ia melakukannya kemudian berikan stimulus berupa cerita atau berikan contoh bagaimana cara menikmati makanan yang ada di hadapannya tersebut. Misalnya dengan bermain pesawat memasuki gua dan sebagainya.
  8. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan, bukan penuh tekanan. Biarkan ia belajar makan sendiri tanpa harus selalu mendapatkan perintah harus melakukan A hingga Z serta dilarang ini dan itu ketika sedang makan.
  9. Berikan suplemen penambah nafsu makan dengan saran dan izin dokter. Cara menambah nafsu makan pada anak opsi yang terakhir ini jangan memberikannya secara asal-asalan pada anak. Seperti yang dikatakan oleh Dr. Maria Galuh, Sp.A., M.Kes, jangan beranggapan bahwa hanya dengan suplemen, kesulitan makan pada anak langsung selesai secara instan. Namun perlu langkah lain yang selalu dikonsultasikan dengan dokter.

Nah, Bunda itulah beberapa cara menambah nafsu makan pada anak. Jika buah hati Bunda masih tetap tak bernafsu makan, segera hubungi dan konsultasikan ke dokter karena dikhawatirkan ada sebab lain yang lebih serius yang menyebabkan ia tak bernafsu untuk makan. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

TW/PJ/MA

Referensi