Bunda, Jangan Panik! Ini Dia Cara Atasi Kolik Pada Bayi

Cara atasi kolik pada bayi

Go DokCara atasi kolik pada bayi – Bagi Anda yang memiliki buah hati yang masih bayi pasti sering mendengar istilah kolik. Ya, istilah yang mengacu pada ketidaknyamanan yang dirasa bayi akibat masuknya gas ke dalam sistem pencernaannya kerap kali membuat para ibu senewen. Bagaimana tidak! Kolik kerapkali membuat bayi menangis terus-menerus. Lantas, apa yang harus dilakukan jika bayi mengalami kolik?

Ini dia cara atasi kolik pada bayi yang dijamin mudah dan efektif:

1. Baluri perut bayi dengan baby oil

Cara atasi kolik pada bayi yang pertama adalah membaluri perutnya dengan menggunakan baby oil atau minyak telon. Cara ini dianggap ampuh untuk meredakan rengekan bayi karena baby oil dan minyak telon akan memberikan rasa hangat sehingga nyeri yang dirasakan bayi akan hilang dengan perlahan.

2. Mandikan bayi dengan air hangat

Jarang yang mengetahui bahwa salah satu cara atasi kolik pada bayi adalah dengan memandikan bayi. Eits, jangan asal, ya! Karena Anda dianjurkan untuk memandikan bayi dengan menggunakan air hangat. Cara ini sudah dipercaya sejak lama dapat memperlancar perdaaran darah dalam tubuh bayi sehingga nyeri khas kolik pun akan berangsur-angsur lenyap.

3. Usahakan agar bayi kentut

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kolik dapat dipicu oleh masuknya gas ke dalam sistem pencernaan bayi. Karenanya, segera atasi kondisi ini dengan merangsang bayi agar buang angin -atau kentut.

Caranya, olesi perut bayi dengan minyak hangat, lalu miringkan tubuhnya ke arah kanan. Agar angin cepat keluar, Anda juga bisa memijat pelan atau menepuk-nepuk lemah perut bayi. Lakukan dengan telaten hingga akhirnya bayi buang angin, ya!

4. Berikan madu dan probiotik

Cara atasi kolik pada bayi yang selanjutnya adalah dengan memberikan madu dan probiotik. Ternyata, sudah banyak hasil studi yang mengemukakan bahwa rasa manis dari madu terbukti dapat meredakan sakit dan rasa tidak nyaman yang dirasa bayi. Tertarik mencoba? Caranya, campurkan 1/2-1 sdt madu ke dalam air hangat, lalu masukkan ke dalam dot agar dapat dikonsumsi bayi lebih mudah.

Nah, untuk opsi ke dua -yaitu pemberian probiotik-, Anda harus mengonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Sebab, tidak semua probiotik dapat dikonsumsi oleh bayi. Jadi, jangan gegabah, ya!

5. Ciptakan suasana nyaman

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para ibu muda ketika menghadapi anak yang sedang menderita kolik adalah panik. Ya, panik justru akan membuat si kecil semakin rewel. Solusinya, tenangkan diri Anda terlebih dahulu, lalu gendong si kecil ke ruangan yang nyaman. Pilihlah ruangan yang tidak terlalu bising atau terang. Dengan cara ini, bayi akan rileks dan berhenti menangis secara perlahan.

6. Hindari faktor pemicu kolik

Cara atasi kolik pada bayi yang terakhir adalah dengan menghindari beberapa faktor pemicu, seperti penggunaan dot dengan lubang yang terlampau kecil; atau pemberian beberapa jenis makanan yang terbukti dapat memicu bertambahnya jumlah gas dalam perut, seperti bawang, kubis, brokoli, dan kacang merah.

Selain itu, periksakan si kecil ke dokter spesialis anak. Karena kolik bisa saja disebabkan oleh sistem pencernaan anak yang tidak dapat menoleransi laktosa yang terkandung dalam susu formula.

Itu tadi beberapa cara atasi kolik pada bayi yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.