Bunda, Ini Dia Waktu Terbaik Minum Susu untuk Anak

waktu terbaik minum susu untuk anak

GoDok- Waktu terbaik minum susu untuk anak- Susu sudah diperkenalkan kepada anak sejak hari kelahirannya. Bahkan, secara alamiah, setiap ibu dibekali susu sebagai asupan pertama anaknya yang baru saja lahir. Menyusu pun menjadi kegiatan wajib anak dan ibu selama beberapa waktu. Ketika anak semakin besar, pastinya setiap orang tua berharap kebiasaan tersebut terus terbawa untuk kebutuhan tumbuh kembang si kecil. Namun, tahukah Anda, bahwa ada waktu-waktu terbaik bagi anak untuk meminum susu? Kapan sajakah itu?

Yuk, pelajari waktu terbaik minum susu untuk anak berdasar panduan dari Go Dok!

Banyak orang menyangka bahwa kegiatan minum susu hanya diperlukan ketika anak masih bayi. Setelahnya, ketika anak sudah beranjak batita dan balita, peran susu digantikan oleh asupan makanan. Banyak ibu yang merasa bingung kapan untuk berhenti memberinya ASI? Berdasar informasi yang dilansir dari Huggies, sebenarnya momen tersebut tergantung kesiapan ibu dan si anak. Namun, kebanyakan ibu hanya memberikan ASI hingga usia 12 bulan.

Manfaat susu sangat banyak untuk pertumbuhan si kecil. Susu dibutuhkan anak dalam masa perkembangannya karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu, susu juga merupakan sumber dari vitamin D yang membantu tubuh menyerap kalsium yang penting bagi pertumbuhan tulangnya. Berapakah porsi yang cukup untuk anak-anak meminum susu?

Hasil penelitian yang dilansir dari Pediatrics.com, anak-anak hanya membutuhkan dua gelas susu setiap harinya. Susu memang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Namun asupan susu yang terlalu banyak dapat membuat anak kekenyangan sehingga melupakan asupan gizi lain yang sama pentingnya dari makanan. Selain itu, terlalu banyak asupan susu justru dapat menurunkan kandungan zat besi di dalam tubuh.

Anda tidak perlu memastikan anak meminum dua gelas langsung setiap mengonsumsinya. Menurut dokter anak Alisha Grogan, Anda bisa membaginya beberapa kali minum di setiap anak sedang makan. Hal tersebut bisa membuat anak belajar memahami bahwa susu merupakan bagian dari jadwal makannya.

Waktu terbaik minum susu untuk anak- Jangan biarkan anak terbiasa meminum susu di sela-sela jadwal makannya. Bila dibiarkan demikian, anak-anak tidak akan memiliki waktu lapar. Sehingga, kebiasaan tersebut bisa membuat anak menjadi pemilih soal makanan. Sementara itu, jika anak disediakan susu ketika makan, baik itu makan besar maupun kudapan, anak akan selalu membutuhkan susu sebagai bagian dari makannya.

Waktu terbaik minum susu untuk anak- Beberapa orang tua memberikan susu kepada si kecil setiap malamnya sebelum tidur. Hal ini bisa menimbulkan kebiasaan anak untuk merasa lapar dan sulit tidur jika tidak meminum susu. Terlebih jika anak jadi harus bolak-balik ke kamar mandi dan mengganggu jadwal tidurnya. Memutus kebiasaannya meminum susu memang sulit. Anak bisa menjadi rewel seketika keinginannya untuk minum susu sebelum tidur tidak terpenuhi. Jika sudah begitu, Anda bisa mengakalinya dengan memberikan anak pengganti susu, seperti air minum, atau justru mainan untuk mengalihkan perhatiannya.

Beberapa dari Anda mungkin khawatir ketika melihat respons anak terhadap susu. Anda bisa saja berspekulasi bahwa anak Anda mengidap intoleransi laktosa (lactose intolerance), yaitu kondisi di mana tubuh tidak dapat mengolah laktosa yang terdapat dalam susu.

Namun, menurut Frank R. Greer, profesor ilmu kesehatan anak di University of Wisconsin School of Medicine and Public Health, anak-anak tetap membutuhkan kandungan kalsium di dalam susu, serta lemak untuk perkembangan otaknya. Intoleransi laktosa cukup umum untuk terjadi pada anak-anak selama lima tahun pertama. Oleh karena itu, akan tetap aman bila Anda masih memberikan susu kepada anak dengan intoleransi laktosa.

Bila anak masih ogah untuk meminum susu, maka Anda bisa mengganti susu tawar tersebut. Anda bisa mencoba untuk memberikan anak susu dengan tambahan rasa seperti cokelat, strawberry, vanilla, atau pisang. Rasa susu yang manis akan mengundang anak untuk mengonsumsinya.

Nah, itu tadi info seputar waktu terbaik minum susu untuk anak. Ingat ya, Bunda! Meskipun susu sangat baik bagi kesehatan dan kekuatan tulang serta giginya, Anda juga harus memastikan kandungan gula yang terdapat dalam susu tidak berlebihan, ya.

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.